Indikator Harga Beri Sinyal Bullish, Solana (SOL) Siap Reli?

banner 120x600
banner 468x60

Harga Solana (SOL) tengah berada di ambang breakout dari pola bullish reversal yang dapat mengantarkan altcoinini ke reli pemulihan.

Namun, ini hanya mungkin terjadi jika isyarat pasar yang lebih luas mampu menjaga volatilitas tetap rendah dan investor merespons harga SOL saat ini.

banner 325x300

Solana Berpotensi Melesat

Harga Solana, yang saat ini diperdagangkan di US$139, membentuk wedgemenurun yang mungkin akan segera breakout. Observasi ini mendapat dukungan dari Relative Strength Index (RSI). RSI sendiri bertugas mengukur kecepatan dan perubahan pergerakan harga.

Bersamaan dengan RSI, Moving Average Convergence Divergence (MACD), yang mengindikasikan kekuatan tren serta potensi reversalharga aset, juga memancarkan sinyal bullish.

Kedua indikator ini mengisyaratkan kenaikan dengan RSI di zona bullishdi atas garis netral di 50,0. Dan di saat yang sama, MACD juga menyaksikan crossover bullish yang persisten. Ini pula yang bisa membantu SOL mematahkan pola wedge.

RSI dan MACD Solana | Sumber: TradingView

Kondisi ini bisa beralih menjadi reli karena altcoinini sekarang masih sangat undervalued. Hal ini diperoleh dari rasio P/S terhadap pendapatan yang dicatatkan oleh aset ini.

Rasio Price to Sales atau Harga terhadap Penjualan (P/S) berfungsi menetapkan nilai suatu aset. Adapun rasio yang rendah menyiratkan bahwa aset yang bersangkutan sedang undervalued. Sebaliknya, rasio yang melebihi rata-rata menunjukkan nilai aset yang overvalued.

Di sisi lain, pendapatan Solana telah tumbuh pesat dalam beberapa bulan terakhir. Puncaknya berhasil tercapai di bulan Maret. Namun, pada saat yang sama, rasio P/S jauh lebih rendah ketimbang saat periode pendapatan yang rendah di Q4 2023.

Jadi, ini merupakan indikasi bahwa Solana masih punya peluang besar untuk tumbuh ke depannya.

Rasio P/S Solana.
Rasio P/S Solana | Sumber: TokenTerminal

Harga SOL Menanti Breakout

Selama tiga minggu terakhir, harga Solana telah terjebak di dalam pola falling wedge. Dalam durasi ini, pola bullishini telah divalidasi selama koreksi dan pemulihan baru-baru ini.

Ditandai dengan garis tren konvergen yang condong ke bawah, falling wedge ini membentuk pola grafik bullish. Kondisi ini juga menandakan potensi reversaldari tren turun. Pola ini kerap menunjukkan penurunan tekanan jual serta potensi breakoutharga ke atas.

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor yang disebutkan di atas dan SOL yang diperdagangkan tepat di bawah garis tren atas wedge, kemungkinan besar altcoinini akan segera breakout. Jika benar demikian, ini akan membuka jalan bagi Solana untuk menembus resistance US$142 dan merebut kembali level US$150 sebagai support floor.

Analisis Harga Solana.
Analisis Harga Solana | Sumber: TradingView

Sebagai informasi, level psikologis krusial ini telah diuji sebagai resistance beberapa kali. Setiap breakout yang terjadi di atas level ini telah menghasilkan reli harga. Dengan begitu, untuk ke depannya, investor bisa mengantisipasi hal yang sama untuk SOL kali ini.

Namun, jika ternyata breakout gagal dan SOL kembali tergelincir melewati US$134, maka harga berpotensi turun ke level US$120. Terakhir, hilangnya supportini akan serta-merta menggugurkan skenario bullish yang ada. Akibatnya, SOL bakal memperpanjang koreksi harga menuju US$110.

Bagaimana pendapat Anda tentang prospek harga Solana (SOL) ke depannya? Yuk, sampaikan pendapat Anda di grup Telegram kami. Jangan lupa followakun Instagram dan Twitter BeInCrypto Indonesia, agar Anda tetap updatedengan informasi terkini seputar dunia kripto!

Penyangkalan

Seluruh informasi yang terkandung dalam situs kami dipublikasikan dengan niat baik dan bertujuan memberikan informasi umum semata. Tindakan apa pun yang dilakukan oleh para pembaca atas informasi dari situs kami merupakan tanggung jawab mereka pribadi.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *