Laba Coinbase di Q1 2024 Tembus US$1,17 Miliar

banner 120x600
banner 468x60

Salah satu crypto exchangeterpopuler Coinbase berhasil mencetak kinerja yang mentereng di kuartal pertama tahun ini. Sumringahnya pasar yang dipicu oleh peluncuran ETF Bitcoin spot serta Bitcoin halvingmembuat entitas yang dipimpin oleh Brian Armstrong itu sukses membalikkan keadaan dari kerugian US$79 juta di Q1 2023 menjadi keuntungan US$1,17 miliar.

banner 325x300

Capaian itu juga jauh melampaui total laba perusahaan secara tahunan yang hanya mencapai US$95 juta. Dalam penjelasannya kepada pemegang saham, manajemen Coinbase menyebutkan laba yang berhasil dibukukan mencakup keuntungan mark-to-marketkripto sebelum pajak sebesar US$737 juta.

Sejalan dengan hal itu, pos pendapatan Coinbase juga ikut mengilap. Tercatat di periode Januari hingga Maret tahun ini, perusahaan berhasil menghimpun US$1,58 miliar dalam pendapatan. Capaian itu melesat 115% dari periode yang sama tahun lalu yang hanya US$736 juta.

“Pendapatan yang bersumber dari transaksi konsumen naik 99% secara kuartalan menjadi US$935 juta, dengan volume perdagangan mencapai US$56 miliar, atau melonjak 93% secara kuartalan” jelas Coinbase.

Sementara itu, pendapatan yang bersumber dari transaksi investor institusi angkanya naik 133% menjadi US$85 juta, dengan volume perdagangan yang mencapai US$256 miliar.

Pendapatan Layanan Kustodian Coinbase Ikut Terdongkrak

Peluncuran ETF Bitcoin spotturut membawa dampak positif pada unit bisnis kustodian perusahaan. Laporan mencatat, pada tiga bulan pertama tahun ini Coinbase berhasil mendongkrak pendapatan dari kustodian sebesar 64% menjadi US$32 juta.

Manajemen perusahaan mengakui hal itu merupakan imbas dari naiknya harga aset kripto dan strategi perusahaan untuk menjadi kustodian bagi 8 dari 11 ETF Bitcoin yang saat ini beredar.

Menatap tahun ini, perusahaan optimistis mampu meneruskan hasil yang positif. Terlebih lagi, Coinbase mengeklaim sudah berhasil mengumpulkan pendapatan US$300 juta dari total transaksi di bulan April.

Perusahaan juga masih memiliki amunisi yang cukup untuk menopang ekspansi, lantaran sampai dengan Maret lalu, Coinbase menyimpan cadangan sebesar US$7,1 miliar, termasuk di dalamnya US$1,1 miliar dalam bentuk kas bersih yang diperoleh melalui penjualan surat utang konversi di tahun 2030.

Bagaimana pendapat Anda tentang topik ini? Yuk, sampaikan pendapat Anda di grup Telegram kami. Jangan lupa follow�akun Instagram dan Twitter BeInCrypto Indonesia, agar Anda tetap update�dengan informasi terkini seputar dunia kripto!

Penyangkalan

Seluruh informasi yang terkandung dalam situs kami dipublikasikan dengan niat baik dan bertujuan memberikan informasi umum semata. Tindakan apa pun yang dilakukan oleh para pembaca atas informasi dari situs kami merupakan tanggung jawab mereka pribadi.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *