Calvin Verdonk dan Jens Raven Jalani Proses Naturalisasi, Timnas Indonesia Makin Menyala!

banner 120x600
banner 468x60

loading…

banner 325x300

Calvin Verdonk dan Jens Raven Jalani Proses Naturalisasi, Timnas Indonesia Makin Kuat!

JAKARTA – Upaya menaturalisasi pemain keturunan Indonesia yang merumput di liga top dunia masih terus dilakukan oleh PSSI. Teranyar, setelah Maarten Paes resmi jadi Warga Negara Indonesia ( WNI), PSSI mengatakan ada dua pemain yang tengah menjalani proses pindah-kewarganegaraan yakni Calvin Verdonk dan Jens Raven.

Hal itu diumumkan Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir, melalui unggahan video di akun Instagram pribadinya. Dalam unggahan video tersebut, pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu bertemu langsung dengan Paes, Verdonk, dan Raven di Jakarta.

Dalam pertemuan tersebut, Erick menjabat tangan bersama tiga pemain tersebut. Yang mana itu artinya, mereka semua akan menjadi bagian dari Timnas Indonesia. Tapi untuk Verdonk dan Raven, Erick mengungkapkan bahwa keduanya sedang dalam proses naturalisasi.

“Setelah tiba di Jakarta dari Doha, saya kembali fokus memperkuat tim nasional,” tulis Erick di akun instagram pribadinya, Selasa (30/4/2024).

“Hari ini Maarten Paes sudah resmi menjadi Warga Negara Indonesia. Sementara Calvin Verdonk pemain NEC Nijmegen dan Jens Raven pemain FC Dordrecht juga dalam proses naturalisasi,” sambungnya.

Untuk diketahui, Paes secara mengejutkan telah mengambil sumpah WNI di Kanwil DKI Jakarta pada pagi hari ini. Dengan begitu kiper Dallas FC itu sudah bisa memperkuat Timnas Indonesia dan kemungkinan bisa debut dalam pada lanjutan Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia yang akan kembali dimulai bulan Juni.

Sementara untuk Verdonk dan Raven memang merupakan pemain yang belakangan santer dirumorkan untuk dinaturalisasi. Nyatanya, benar saja bahwa kedua pemain tersebut saat ini sedang dalam proses naturalisasi.

Diharapkan, proses naturalisasi mereka dapat berjalan dengan lancar. Karena jika semua prosesnya berjalan lancar, bukan tidak mungkin Verdonk dan Raven akan melakoni debutnya membela Timnas Indonesia dalam lanjutan Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Satu hal yang pasti, tambahan pemain keturunan akan membuat Timnas Indonesia semakin kuat. Untuk saat ini, sudah ada banyak pemain keturunan yang memperkuat Skuad Garuda. Seperti Jordi Amat, Thom Haye, Jay Idzes, Ivar Jenner, Shayne Pattynama, Sandy Walsh, Justin Hubner, Rafael Struick, Ragnar Oratmangoen, dan Nathan Tjoe-A-On.

(sto)

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *