Toilet Rumah Sakit Jadi Tempat Paling Terkontaminasi Bakteri, Termasuk Lantai dan Gagang Pintu

banner 120x600
banner 468x60

loading…

banner 325x300

Toilet rumah sakit menjadi salah satu tempat paling terkontaminasi dan berpotensi jadi sarang bakteri. Foto/ freepik

JAKARTA – Toilet rumah sakit menjadi salah satu tempat paling terkontaminasi di seluruh gedung dan kamar mandi berpotensi menjadi rumah bagi bakteri.

Berdasarkan studi yang dipresentasikan pada Kongres Global ESCMID di Barcelona pada 27-30 April, bakteri dan jamur berbahaya serta kuman yang resistan terhadap berbagai obat telah ditemukan bersembunyi di permukaan toilet rumah sakit di Inggris, termasuk lantai, langit-langit dan gagang pintu.

Dikutip newsweek, penelitian ini menemukan bahwa toilet pasien lebih terkontaminasi dibandingkan toilet staf, di mana keduanya merupakan toilet wanita yang paling bersih, sedangkan toilet khusus penyandang cacat adalah yang paling terkontaminasi.

Para peneliti mengumpulkan sampel mikroba dari toilet di tiga rumah sakit umum di Lanarkshire di Inggris, menyeka berbagai permukaan di enam jenis toilet (pria dan wanita untuk staf dan pasien, serta untuk penyandang cacat dan uniseks) sekitar empat jam setelah toilet tersebut dibersihkan. Permukaannya meliputi siram, pegangan tangan, gagang pintu, keran, lantai, rak, bagian atas pintu dan ventilasi udara.

Mereka menemukan bahwa beberapa permukaan merupakan tempat tinggal bagi bakteri berbahaya termasuk E. coli dan Staphylococcus aureus, serta beberapa spesies yang terkait dengan infeksi aliran darah, infeksi dada dan pneumonia, serta infeksi saluran kemih.

Banyak dari bakteri ini ditemukan sebagai bakteri super yang resistan terhadap obat dan bakteri ini ditemukan terkonsentrasi di toilet pasien. Bakteri super adalah strain bakteri, virus, jamur, dan parasit yang telah mengembangkan resistensi terhadap obat yang biasa digunakan untuk mengobati infeksi, seperti antibiotik.

Resistensi ini membuat infeksi yang disebabkan oleh bakteri super sulit diobati dan dapat mengakibatkan penyakit yang lebih lama serta rawat inap yang lebih lama. Contoh bakteri super yang terkenal adalah Staphylococcus aureus (MRSA) yang resisten terhadap Metisilin dan Mycobacterium tuberkulosis yang resistan terhadap banyak obat (TB-MDR).

“Setiap jenis toilet di ketiga rumah sakit menerima pembersihan (jenis dan frekuensi) yang sama setiap hari, tetapi berdasarkan temuan kami, kami pikir toilet pasien harus dibersihkan lebih sering,” kata peneliti studi Stephanie Dancer.

Para peneliti juga menemukan bahwa lantai dan permukaan seperti bagian atas pintu dan ventilasi udara memiliki tingkat bakteri tertentu yang lebih rendah dibandingkan permukaan yang sering disentuh tangan.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *