Bitcoin dan Altcoin Ambruk, Rp13,93 Triliun Kripto Tersapu Likuidasi

banner 120x600
banner 468x60

Dalam sebuah guncangan nasib yang mengejutkan, pasar kripto mengalami penurunan tajam. Kejadian ini pun berujung pada likuidasi massal senilai US$864,24 juta atau setara dengan Rp13,93 triliun.

Likuidasi Rp13,93 Triliun Hantam Pasar Kripto

Adapun Bitcoin memimpin koreksi pasar ini, terjun 7% ke harga terendah mingguannya di angka US$65.214. Selain itu, penurunan ini sekaligus menandai valuasi terendah yang Bitcoin catat sejak 5 April.

banner 325x300

Yang lebih parah, efek riaknya telah merambat ke seluruh pasar. Bahkan, aset kripto yang lebih kecil seperti Solana dan Dogecoin mengalami penurunan yang lebih curam. Masing-masing tercatat turun sekitar 18% dan 19%.

Performa Harga Bitcoin, Solana, dan Dogecoin | Sumber: TradingView

Adapun penurunan harga ini terutama disebabkan oleh likuidasi taruhan bullishpada aset kripto.

Dalam kurun waktu 24 jam terakhir saja, data dari Coinglass melaporkan bahwa sekitar US$775,40 juta telah tersapu dari posisi longdi pasar derivatif. Sementara, posisi shortjuga tak luput dari terjangan likuidasi ini, dengan sekitar US$89,89 juta terkena likuidasi.

Total Likuidasi Mata Uang Kripto
Total Likuidasi Kripto | Sumber: Coinglass

Tak ayal, pergeseran pasar yang mendadak ini sangatlah bertentangan dengan tren naik baru-baru ini yang sebagian terpicu oleh antisipasi seputar peristiwa Bitcoin halving. Sebagai informasi, Bitcoin halvingsendiri merupakan pembaruan penting dalam kode Bitcoin yang bertujuan untuk mengurangi jumlah pasokannya.

Terlepas dari likuidasi kripto yang terjadi, harga Bitcoin secara keseluruhan masih menunjukkan kenaikan substansial tahun ini, yakni naik sekitar 60%.

Bagaimana pendapat Anda tentang likuidasi massal yang menghantam pasar kripto ini? Yuk, sampaikan pendapat Anda di grup Telegram kami. Jangan lupa followakun Instagram dan Twitter BeInCrypto Indonesia, agar Anda tetap updatedengan informasi terkini seputar dunia kripto!

Penyangkalan

Seluruh informasi yang terkandung dalam situs kami dipublikasikan dengan niat baik dan bertujuan memberikan informasi umum semata. Tindakan apa pun yang dilakukan oleh para pembaca atas informasi dari situs kami merupakan tanggung jawab mereka pribadi.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *