Worldcoin Digadang Bakal Kolaborasi dengan OpenAI

banner 120x600
banner 468x60

Dua proyek yang melibatkan Sam Altman, yakni Worldcoin dan OpenAI, digadang-gadang bakal melakukan kolaborasi untuk mendorong kesuksesan layanan perusahaan.

banner 325x300

Meski demikian, belum diketahui secara jelas bentuk sinergisitas yang nantinya akan terjalin. Yang pasti, perusahaan tidak hanya membidik OpenAI, tetapi juga beberapa perusahaan teknologi dan keuangan raksasa lainnya.

Bloomberg melaporkan, Alex Blania, Chief Executive Officer (CEO) Tools for Humanity (TFH) yang mengembangkan Worldcoin, juga sudah menyinggung peluang kerja sama tersebut. Menurutnya, terdapat beberapa potensi kemitraan dengan OpenAI. Namun, hal itu belum siap untuk diumumkan.

Baik Blania maupun Altman memandang bahwa sistem identitas Worldcoin mampu memberikan “proof of personhood”, yang membedakan manusia dari botseperti ChatGPT di internet.

“Kebutuhan untuk memvalidasi apakah seseorang itu manusia asli, bukan robot, menjadi semakin penting dan mendesak. Dengan kemajuan AI, banyak hal yang dulunya hanya dibayangkan kini terjadi secara lebih masif dari perkiraan sebelumnya,” jelas Blania.

Worldcoin Juga Bakal Gandeng PayPal

Blania menambahkan, TFH juga berupaya untuk menjalin kerja sama dengan PayPal, raksasa pembayaran asal Amerika Serikat (AS) yang kini juga terjun ke ruang kripto. Ia mengungkapkan, TFH telah melakukan pembicaraan dengan entitas tersebut, namun belum ada perkembangan konkret yang dapat dibagikan.

Secara terpisah, juru bicara PayPal memilih untuk tidak memberikan komentar apa pun terkait hal ini. Dia hanya menyebut bahwa perusahaan tidak memberikan komentar mengenai rumor ataupun spekulasi.

Ekspansi perusahaan berlangsung di tengah pengawasan ketat dari berbagai regulator. Belum lama ini, pemerintah Portugal menangguhkan operasi Worldcoin Foundation di wilayahnya guna melindungi pelanggan yang masih di bawah umur.

Sebelumnya, langkah serupa juga telah diambil oleh regulator data di Spanyol yang meminta Worldcoin untuk menghentikan proses pengumpulan dan pemrosesan data pribadi. Menanggapi hal ini, Blania menyebut bahwa peningkatan pengawasan ini dipicu oleh profil yang menonjol dari Sam Altman, sehingga akhirnya menarik perhatian lebih dari biasanya.

Di samping itu, perusahaan juga masih terus secara aktif menggelar diskusi dengan regulator, salah satunya adalah dengan perwakilan Kementerian Digital Malaysia, 23 April lalu.

Selain itu, untuk mengatasi kekhawatiran, Worldcoin telah melakukan beberapa perubahan guna memastikan kepatuhan. Salah satunya adalah dengan memperkenalkan proses verifikasi dokumen identitas.

Namun, pasar sepertinya belum mampu merespons positif upaya Worldcoin dengan OpenAI. Pasalnya, mengacu pada data dari CoinGecko, harga token Worldcoin (WLD) dalam 24 jam terakhir malah tertekan 6,1% ke level US$4,63 dan anjlok 17,4% dalam 7 hari terakhir.

Bagaimana pendapat Anda tentang topik ini? Yuk, sampaikan pendapat Anda di grup Telegram kami. Jangan lupa follow�akun Instagram dan Twitter BeInCrypto Indonesia, agar Anda tetap update�dengan informasi terkini seputar dunia kripto!

Penyangkalan

Seluruh informasi yang terkandung dalam situs kami dipublikasikan dengan niat baik dan bertujuan memberikan informasi umum semata. Tindakan apa pun yang dilakukan oleh para pembaca atas informasi dari situs kami merupakan tanggung jawab mereka pribadi.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *