Perusahaan Induk MetaMask Gugat SEC AS Berita Lainnya

Redaksi BeInCrypto telah mengumpulkan sejumlah berita terhangat dari dunia kripto selama sepekan terakhir pada 22 – 28 April 2024.

Berita Kripto 22 — 28 April 2024

Jangan lupa ikuti terus newsletter kami dan dapatkan kumpulan berita kripto terkini.

Berbeda dengan Bitcoin, Nilai Tukar Rupiah Dekati Titik Terlemah Sejak Pandemi Covid-19 2020

Nilai tukar rupiah (IDR) terhadap dolar AS (USD) mendekati titik terendah di era pandemi Covid-19 pada April 2020.

Adapun 1 dolar AS sempat bernilai Rp16.302,9 pada 16 April 2024. Level itu mendekati nilai rupiah yang sempat menyentuh Rp16.376,68 pada 3 April 2020.

Di sisi lain, harga Bitcoin hanya mencapai US$6.874,77 pada 3 April 2020. Saat ini, harga BTC diperdagangkan di sekitar level US$64.000.

Shiba Inu dan DODO Garap Proyek Blockchain L3

Shiba Inu berhasil mengumpulkan US$12 juta dengan menjual token TREAT yang belum dirilis. Token TREAT akan berfungsi sebagai utility token dan governance token dari blockchain layer-3 (L3) baru yang berfokus pada privasi.

Blockchain L3 dari Shiba Inu dijadwalkan merilis testnet pada kuartal III/2024 dan mainnet setelah pengujian menyeluruh.

Selain itu, protokol decentralized trading DODO turut memperkenalkan proyek L3 DODOchain. Proyek L3 modular ini didukung teknologi Arbitrum Orbit, EigenDA, dan AltLayer. Fokus DODOchain pada konsolidasi likuiditas dari beragam chain ke dalam satu tempat.

Ripple Tolak Bayar Denda Hampir US$2 Miliar ke SEC AS

Ripple menolak desakan Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) Amerika Serikat (AS) agar perusahaan itu membayar denda hampir US$2 miliar.

Sebagai respon, Ripple menyebut angka tersebut harusnya mendekati US$10 juta. Denda ini terkait dengan Ripple yang menjual XRP kepada investor institusional.

KPK Temukan Ada 2 Pejabat Negara Indonesia Punya Aset Kripto

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Indonesia menemukan ada 2 Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) yang memiliki aset kripto.

Aset yang dimiliki 2 pejabat itu bernilai miliaran rupiah. Orang yang dimaksud kemungkinan menempati posisi di bidang keuangan.

Sebelumnya, Presiden Joko widodo (Jokowi) sebut ada pola baru dalam tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang harus diwaspadai, seperti lewat kripto.

SEC Ingin Do Kwon dan Terraform Labs Didenda US$5,25 Miliar

SEC AS meminta pengadilan mengenakan denda sebesar US$5,25 miliar kepada Terraform Labs (TFL) dan Do Kwon.

Hitungan itu berdasarkan dugaan Do Kwon dan TFL memperoleh lebih dari US$4 miliar dari tindakan ilegal mereka.

Di sisi lain, TFL ingin ganti rugi hanya terkait hukuman perdata yang sesuai untuk setiap pelanggaran yang dapat dibuktikan SEC terjadi di AS.

ETF Bitcoin dan Ethereum Spot Hong Kong Berpotensi Meluncur Akhir Bulan April

Exchange-traded fund (ETF) Bitcoin dan Ethereum spot di Hong Kong berpotensi memulai perdagangan pada akhir bulan April.

Analis Bloomberg memperkirakan ETF kripto spot di Hong Kong dapat mengumpulkan aset US$1 miliar dalam 2 tahun.

Model berlangganan dan penebusan dalam bentuk barang dinilai sangat menarik dan memungkinkan peluang arbitrase.

Ternyata Ini Alasan Harga HBAR Meroket Lebih dari 90%

Harga native token Hedera (HBAR) meroket lebih dari 90% dalam 24 jam terakhir.

Hal ini terjadi setelah Archax menghadirkan tokenisasi aset MMF BlackRock. Kehadiran MMF BlackRock dapat terjadi dengan kerja sama Archax bersama HBAR Foundation.

DOJ AS Ingin Mantan CEO Binance Changpeng Zhao Dipenjara 3 Tahun

Departemen Kehakiman (DOJ) AS menginginkan Changpeng ‘CZ’ Zhao, pendiri dan mantan CEO Binance, dipenjara 3 tahun.

Hukuman ini diharapkan tidak hanya akan mengirimkan pesan kepada CZ, tetapi juga kepada dunia.

CZ awalnya hadapi hukuman hingga 18 bulan penjara, tapi DOJ berargumen ruang lingkup dan konsekuensi dari pelanggarannya sangat besar.

Dua Pendiri Samourai Wallet Ditangkap dan Didakwa Melakukan Pencucian Uang

Dua pendiri Bitcoin mixer Samourai Wallet ditangkap oleh pemerintah AS. Mereka dituduh terlibat dalam pencucian uang US$100 juta dari Silk Road dan pasar gelap lainnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah AS telah mengajukan tuntutan terhadap beberapa pendiri platform crypto mixer.

LRT ezETH Sempat Alami Depeg dan Kontroversi Airdrop Renzo Protocol (REZ)

Liquid restaking token (LRT) ezETH dari Renzo Protocol sempat mengalami depeg. Insiden depeg ezETH adalah risiko yang perlu disadari untuk semua LRT.

Selain itu, hal ini terjadi di tengah alokasi airdrop native token Renzo (REZ) yang kontroversi.

Calon Penerbit Perkirakan SEC AS Akan Tolak Persetujuan ETF Ethereum Spot

Sejumlah calon penerbit memperkirakan SEC AS akan menolak permohonan mereka untuk meluncurkan ETF Ethereum spot.

Pernyataan ini keluar setelah pertemuan yang mengecewakan dengan SEC dalam beberapa pekan terakhir.

Beberapa calon penerbit masih berencana mengajukan dokumen pengungkapan tambahan agar pembicaraan tetap berjalan.

Consensys mengumumkan bahwa mereka telah mengajukan gugatan terhadap SEC AS.

Perusahaan kripto ini ingin pengadilan menyatakan Ethereum bukan sekuritas (efek).

Adapun Consensys mengaku menerima Wells notice dari SEC pada 10 April lalu, dengan MetaMask dituduh sebagai broker sekuritas.

Stripe Kembali Dukung Pembayaran Kripto Lewat Stablecoin USDC

Stripe menghadirkan kembali kripto dalam bentuk pembayaran stablecoin. Mereka menggunakan stablecoin USDC di blockchain Ethereum dan Solana.

Layanan pembayaran stablecoin di Stripe akan tersedia pada musim panas ini.

FBI Desak Investor Hindari Layanan Pengiriman Uang Kripto Tak Berizin 

Biro Investigasi Federal (FBI) mendesak masyarakat AS untuk menghindari penggunaan layanan pengiriman uang kripto yang tidak berizin.

Langkah keras ini datang seiring dengan upaya pemerintah AS untuk terus mempersempit ruang gerak crypto mixer, yang diduga kuat terkait dengan aktivitas pencucian uang.

Dalam keterangan resminya, FBI tidak hanya menyoroti layanan pengiriman uang yang tidak terdaftar sebagai Bisnis Layanan Uang (MSB) di bawah UUS federal. Namun, FBI juga mendorong masyarakat untuk menghindari layanan yang tidak mematuhi aturan anti pencucian uang (anti-money laundering / AML).

Nilai Transaksi Kripto Indonesia Meroket 725% dalam Setahun

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) sebut nilai transaksi kripto Indonesia per Maret 2024 mencapai Rp103,58 triliun.

Angka itu meningkat 725,8% dibanding periode yang sama tahun lalu sebesar Rp12,54 triliun. Pertumbuhan transaksi kripto diharapkan bisa mencapai posisi yang sama pada tahun 2021.

a16z: Meme Coin adalah Ancaman bagi Kredibilitas Kripto

Perwakilan di venture capital (VC) Andreessen Horowitz (a16z) menyuarakan kekhawatiran tentang dampak meme coin terhadap kredibilitas kripto.

Eddy Lazzarin dari a16z prihatin karena meme coin lebih fokus pada pemasaran berbasis meme ketimbang kemajuan teknologi.

Komunitas kripto pun berdebat tentang nilai hiburan meme coin vs potensi kerugian yang ditimbulkan.

Bagaimana pendapat Anda tentang berita kripto selama sepekan ini? Yuk, sampaikan pendapat Anda di grup Telegram kami. Jangan lupa follow akun Instagram dan Twitter BeInCrypto Indonesia, agar Anda tetap update dengan informasi terkini seputar dunia kripto!

Penyangkalan

Seluruh informasi yang terkandung dalam situs kami dipublikasikan dengan niat baik dan bertujuan memberikan informasi umum semata. Tindakan apa pun yang dilakukan oleh para pembaca atas informasi dari situs kami merupakan tanggung jawab mereka pribadi.

Exit mobile version