Pelari Prancis Pakai Topi Pengganti Hijab untuk Tutupi Rambut di Pembukaan Olimpiade Paris 2024

banner 120x600
banner 468x60

loading…

banner 325x300

Pelari cepat Prancis Sounkamba Sylla akan diizinkan untuk berpartisipasi dalam upacara pembukaan di Olimpiade Paris 2024 dengan mengenakan topi untuk menutupi rambutnya / Foto: firstpost

PARIS – Pelari cepat Prancis Sounkamba Sylla akan diizinkan untuk berpartisipasi dalam upacara pembukaan di Olimpiade Paris 2024 dengan mengenakan topi untuk menutupi rambutnya. Ini hasil dari kesepakatan yang dicapai dengan Komite Olimpiade Prancis setelah Sylla mengatakan bahwa ia dilarang mengenakan hijab.

Upacara pembukaan Olimpiade Paris 2024 dijadwalkan berlangsung di Sungai Seine, Sabtu (27/7/2024) dini hari WIB. Nantinya, atlet tuan rumah yang mengikuti defile akan mengenakan seragam khusus yang dibuat secara mewah.

“Dalam konsultasi dengan Federasi Atletik Prancis, Kementerian Olahraga Prancis, Paris 2024, dan Berluti, diskusi diadakan dengan Sounkamba Sylla. Ia ditawari kemungkinan untuk mengenakan topi selama parade, yang ia terima,” demikian pernyataan resmi Komite Olimpiade Prancis dikutip dari Firstpost, Jumat (26/7/2024).

Prancis menegakkan prinsip ketat laicite, yang secara bebas diterjemahkan sebagai sekularisme. Presiden Komite Olimpiade Prancis mengatakan bahwa atlet Olimpiade Prancis terikat oleh prinsip-prinsip sekuler yang berlaku bagi pekerja sektor publik di Prancis yang memisahkan negara dan gereja, yang mencakup larangan mengenakan hijab.

Namun, Sylla, yang akan bertanding dalam estafet putri dan campuran untuk Prancis, mengunggah pesan di akun Instagram-nya untuk mengumumkan bahwa kesepakatan telah dibuat.

“Kami akhirnya mencapai kesepakatan sehingga saya dapat mengambil bagian dalam upacara pembukaan Olimpiade,” kata Sylla yang berusia 26 tahun. “Saya ingin mengucapkan terima kasih dari lubuk hati saya yang terdalam atas mobilisasi dan dukungan Anda sejak awal.”

Solusi serupa ditemukan selama Kejuaraan Eropa di Roma awal tahun ini. Sylla, yang telah bertanding dengan mengenakan hijab hitam di beberapa acara sebelumnya, diminta untuk bertanding dengan topi biru yang memiliki potongan kain yang dijahit untuk menutupi rambutnya.

(yov)

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *