Pantera dan Paradigm Kumpulkan Dana Investasi Baru

banner 120x600
banner 468x60

Pasar kripto diprediksi bakal semakin ramai. Dua venture capital (VC) Pantera Capital dan Paradigm dikabarkan tengah mengumpulkan dana investasi senilai hampir US$2 miliar untuk disalurkan ke sektor aset digital.

Pantera Capital diperkirakan tengah berupaya menggalang dana senilai US$1 miliar atau lebih dari Rp16 triliun untuk disalurkan ke sektor kripto. Dana tersebut akan didistribusikan ke startup tahap awal yang berfokus pada blockchain dan sektor aset digital lainnya.

banner 325x300

Program yang dinamakan Pantera Fund V ini disebut akan berfungsi sebagai dana “all-in-one” perusahaan yang menawarkan fokus investasi di pasar yang lebih sempit. Setiap Investor yang ingin berpartisipasi diharuskan menyiapkan dana minimal US$1 juta dan bagi mitra terbatas harus berkontribusi minimal US$25 juta.

Sikap bullish Pantera terhadap sektor digital memang sudah terlihat sejak lama. Paul Veradittakit, selaku Managing Partner Pantera Capital, pernah mengatakan bahwa adopsi institusional dipercaya akan semakin cepat setelah peluncuran exchange-traded fund (ETF) Bitcoin spot pada bulan Januari lalu dan peristiwa Bitcoin halving yang baru saja terjadi.

Sebelumnya, Paradigm telah dikabarkan tengah berupaya mengumpulkan dana hingga US$850 juta untuk bisa mengakselerasi industri aset digital. Aksi itu sengaja dilakukan setelah melihat pergerakan pasar kripto yang menunjukkan tren bullish.

Lebih dari US$2 Miliar Siap Mengalir ke Sektor Kripto

Berdasarkan RootData, sejak Januari hingga April tahun ini sektor kripto sudah berhasil mengucurkan dana investasi lebih dari US$2 miliar.

Penggalangan dana terbesar dilakukan untuk pengembangan infrastruktur yang mencapai US$1,07 miliar. Sementara untuk industri keuangan terdesentralisasi (decentralized finance / DeFi), investasi yang sudah terkumpul mencapai US$459,31 juta.

Penggalangan dana untuk sektor kripto | Sumber: RootData

Sektor lainnya seperti centralized finance (CeFi) dan games masing-masing menerima sekitar US$358,73 juta dan US$271,17 juta. Sedangkan untuk non-fungible-token (NFT) berhasil mengantongi US$58,82 juta.

Sejauh ini, penggalangan dana terbesar berhasil dilakukan pada periode Maret, dengan sekitar US$1,09 miliar sukses dikumpulkan dari 185 putaran pendanaan. Sedangkan pada periode berjalan di bulan April, sudah berhasil mengumpulkan pendanaan sebesar US$974,35 juta.

Bagaimana pendapat Anda tentang topik ini? Yuk, sampaikan pendapat Anda di grup Telegram kami. Jangan lupa follow akun Instagram dan Twitter BeInCrypto Indonesia, agar Anda tetap update dengan informasi terkini seputar dunia kripto.

Penyangkalan

Seluruh informasi yang terkandung dalam situs kami dipublikasikan dengan niat baik dan bertujuan memberikan informasi umum semata. Tindakan apa pun yang dilakukan oleh para pembaca atas informasi dari situs kami merupakan tanggung jawab mereka pribadi.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *