Pakai Energi Geotermal Vulkanik, El Salvador Raup 473,50 Bitcoin

banner 120x600
banner 468x60

Pemerintah El Salvador dilaporkan berhasil mendulang 473,50 Bitcoin (BTC) atau sekitar US$29 juta dari hasil mining. Jumlah tersebut merupakan kumulasi BTC yang didapatkan sejak tahun 2021 hingga tahun ini.

banner 325x300

Laporan Reuters menyebutkan, sejak mengakui Bitcoin sebagai salah satu legal tender di tahun 2021, pemerintah setempat sudah mulai menjalankan aktivitas mining. Presiden El Salvador, Nayib Bukele, kala itu juga sudah mengatakan bahwa pihaknya bakal membangun pusat produksi Bitcoin dengan memanfaatkan potensi panas bumi yang berserak.

Penambahan hampir 10% dari total Bitcoin yang dimiliki El Salvador saat ini, yang mencapai 5.750 BTC, dihasilkan oleh panas bumi dari gunung berapi Tecapa. Bukele telah memasang 300 prosesor untuk bisa menopang ambisinya untuk terus mengoleksi sang jawara kripto dengan memanfaatkan potensi alam.

“Dari 102 megawatt (MW) yang dihasilkan melalui pembangkit listrik di El Salvador, 1,5 MW khusus dialokasikan untuk Bitcoin mining,” tulis laporan.

Dalam rangka mengakselerasi hasil produksinya, El Salvador pada pertengahan tahun lalu juga sudah mengumumkan pendirian badan khusus untuk membangun ladang Bitcoin, Volcano Energy. El Salvador menggunakan pendekatan bebas utang dengan niatan membangun pembangkit listrik terbarukan berukuran 241 MW bertenaga surya dan angin.

Mulai Proyek Tokenisasi Aset

Tidak hanya itu, inisiatif lain yang mengandalkan teknologi kripto juga terus digalakkan di El Salvador. Pada hari ini, Kantor Bitcoin Nasional mengumumkan bahwa El Salvador telah memulai peningkatan modal pertama melalui tokenisasi.

Pemerintah setempat berupaya menggalang dana melalui penerbitan utang yang ditokenisasi untuk membangun dan mengembangkan kompleks hotel Hampton by Hilton. Token tersebut diterbitkan dengan tiket HILSV yang dirilis pada Liquid Network.

“Peningkatan modal pertama di El Salvador pada Liquid Network sekarang dimulai. Hal itu menjadi era baru pasar modal dan merupakan awal kecil yang menarik dari banyak hal yang akan datang,” ungkap laporan tersebut.

Selain itu, El Salvador menawarkan kupon 10% selama 5 tahun bagi investor yang tertarik. Bagi pihak yang ingin berpartisipasi, investasi minimal yang diperlukan adalah US$1.000.

Bagaimana pendapat Anda tentang topik ini? Yuk, sampaikan pendapat Anda di grup Telegram kami. Jangan lupa follow akun Instagram dan Twitter BeInCrypto Indonesia, agar Anda tetap update dengan informasi terkini seputar dunia kripto!

Penyangkalan

Seluruh informasi yang terkandung dalam situs kami dipublikasikan dengan niat baik dan bertujuan memberikan informasi umum semata. Tindakan apa pun yang dilakukan oleh para pembaca atas informasi dari situs kami merupakan tanggung jawab mereka pribadi.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *