Meme Coin Itu Ancaman bagi Kredibilitas Kripto, Mengapa?

banner 120x600
banner 468x60

Di pasar kripto yang senantiasa berkembang pesat, meme coin telah menuai perhatian sekaligus kritik.

banner 325x300

Seorang eksekutif top di Andreessen Horowitz (a16z), perusahaan modal ventura terkemuka, baru-baru ini menyuarakan kekhawatirannya mengenai potensi kerusakan yang bisa timbul dari jenis token ini pada kredibilitas sektor kripto yang lebih luas.

VC Soroti Risiko Meme Coin terhadap Integritas Kripto

Eddy Lazzarin, CTO a16z, mengungkapkan kegelisahannya melalui platformX (sebelumnya Twitter). Lazzarin menyamakan fenomena meme coin dengan “kasino berisiko”. Ia menyuarakan keprihatinan atas pengaruh meme coin terhadap tren adopsi, perspektif regulasi, dan aktivitas pengembang di sektor kripto. Karena itu, Lazzarin mendesak komunitas untuk mengenali potensi jebakannya.

“Saya melihat kerusakan setiap harinya,” kata Lazzarin.

Faktanya, sesekali memang muncul kisah sukses finansial dari investasi dogwifhat (WIF) dan Bonk (BONK) yang memberikan keuntungan luar biasa. Namun, Lazzarin memperingatkan bahwa daya pikat meme coin justru dapat mengalihkan perhatian dari tujuan dasar aset kripto. Dia mengkritik kecenderungan token semacam ini untuk memprioritaskan pemasaran yang digerakkan oleh memeketimbang kemajuan teknis yang substantif ataupun utilitas fungsional.

Karena itu, perspektif dari eksekutif a16z ini menggarisbawahi perdebatan yang berkembang di komunitas kripto. Sementara beberapa hedge fund dan investor telah merangkul volatilitas tinggi serta nilai hiburan dari meme coin, yang lain memiliki kekhawatiran yang senada dengan Lazzarin. Mereka khawatir, sifat meme coinyang trivial dapat mendorong regulator untuk memberlakukan undang-undang yang lebih ketat. Sehingga, hal ini berpotensi menghambat inovasi dan pertumbuhan.

Sebaliknya, pandangan yang berseberangan datang dari pemain industri lain seperti Jesse Walden dari Variant, perusahaan VC yang berfokus pada kripto. Walden berpendapat bahwa meme coin, yang utamanya menawarkan volatilitas dan hiburan, mungkin tidak seburuk yang beberapa pihak bayangkan. Di samping itu, Walden juga menyampaikan bahwa sifat dasar sektor kripto yang terbuka dan digerakkan oleh pasar mampu memfasilitasi beragam kepentingan partisipan.

“Menurut saya, sangat bisa diperdebatkan mana yang lebih merusak: a) proyek yang menjanjikan teknologi inovatif untuk menutupi skema likuiditas token, b) meme coin yang tidak menjanjikan apa pun kecuali volatilitas dan hiburan.”

Jesse Walden, Co-founder Variant

Lebih lanjut, terlepas dari peringatannya yang keras, Lazzarin tetap optimistis tentang masa depan industri ini. Ia berharap produk dan protokol yang substantif akan muncul. Meskipun demikian, ia memperingatkan bahwa mengabaikan potensi dampak buruk dari tren meme coinjustru dapat menghalangi para pendiri berbakat sekaligus memberi regulator amunisi untuk menerapkan regulasi yang ketat.

Terakhir, pergolakan antara daya tarik meme coin yang menggelitik dan pencarian solusi kripto yang substansial dan inovatif adalah narasi yang akan terus menjadi perhatian para investor, pengembang, dan regulator.

Bagaimana pendapat Anda tentang perdebatan seputar meme coinini? Yuk, sampaikan pendapat Anda digrup Telegram kami. Jangan lupa followakunInstagram danTwitter BeInCrypto Indonesia, agar Anda tetap updatedengan informasi terkini seputar dunia kripto!

Penyangkalan

Seluruh informasi yang terkandung dalam situs kami dipublikasikan dengan niat baik dan bertujuan memberikan informasi umum semata. Tindakan apa pun yang dilakukan oleh para pembaca atas informasi dari situs kami merupakan tanggung jawab mereka pribadi.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *