Kota Dumai Kembali Berbangga 2 Sekolah Unggulan Yakni SMP Negeri Binaan Khusus dan SMA Negeri 1 Dumai Bakal Mewakili Kota Dumai

SUARAKRITIK.COM- DUMAI – Kota Dumai kembali berbangga. Pasalnya, 2 sekolah unggulan yakni SMP Negeri Binaan Khusus (Binsus) Kota Dumai dan SMA Negeri 1 Dumai bakal mewakili Kota Dumai dan Provinsi Riau dalam Penilaian Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) Tingkat Nasional 2024.

 

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Dumai, Elywarti kepada Tim Peliput Kominfo Dumai, Jumat (29/03/2024) dari ruang kerjanya.

 

“Alhamdulillah, berdasarkan hasil verifikasi dan seleksi dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Riau terhadap beberapa kriteria penilaian pada hari Rabu 27 Maret lalu, SMPN Binsus dan SMAN 1 Kota Dumai terpilih untuk mewakili Dumai dan Provinsi Riau pada ajang nasional yakni Penilaian SSK Paripurna tingkat Nasional 2024,” ungkapnya.

 

Dijelaskannya, Sekolah Siaga Kependudukan ini merupakan program dari BKKBN yang mana dalam proses pembelajarannya mengintegrasikan pendidikan kependudukan ke dalam semua mata pelajaran dalam rangka menyebar informasi kepada pelajar mengenai sadar isu kependudukan, baik ditingkat SD, SMP, maupun SMA sederajat.

 

“Kegiatan pendukung program sekolah siaga kependudukan dapat dilakukan dalam berbagai bentuk, salah satunya adalah kegiatan ekstra kurikuler yaitu PIK/R (Pusat Informasi Konseling) Remaja. PIK/R ini merupakan suatu wadah bagi remaja untuk berbagi informasi terkait dengan dunia remaja sehingga dengan PIK/R harapannya remaja menjadi agen perubahan dan teladan bagi sesamanya,” tuturnya.

 

Ia mengaku sangat bangga, 2 sekolah utusan dari Kota Dumai bisa unjuk kebolehan di kancah nasional, ikut bersaing dengan sekolah-sekolah yang ada di pulau Jawa bahkan se-Indonesia.

 

“Ini merupakan sebuah kebanggaan. Insyaallah, Pemko Dumai sangat mendukung dan harapan kami, semoga SMPN Binsus dan SMAN 1 Dumai bisa menjadi barometer pendidikan, menjadi contoh bagi sekolah lain, dan mampu memberikan praktik baik dalam pembelajaran tak hanya dilingkup Kota Dumai tetapi juga menjadi contoh bagi sekolah-sekolah di Riau,” pungkasnya.

 

SUMBER DISKOMINFOTIKSAN

Exit mobile version