Influencer sebagai Agen Edukasi Investasi Kripto

banner 120x600
banner 468x60

Lanskap industri kripto di Indonesia terus menunjukkan tren yang berkembang. Meskipun nilai transaksi mengalami penurunan, jumlah investor tercatat terus meningkat, mencapai 20,16 juta pada April lalu. Pelaku pasar memandang hal ini terjadi berkat peran kuat influencer dan key opinion leader (KOL) dalam memberikan literasi mengenai kelas aset baru tersebut.

banner 325x300

Chief Compliance Officer (CCO) Reku, Robby, dalam keterangan resminya menjelaskan bahwa secara demografis, investor aset kripto di Indonesia didominasi oleh mereka yang berada di rentang usia muda. Sekitar 65% dari jumlah pengguna berusia di kisaran 18-35 tahun.

“Beberapa tahun terakhir ini, kita berada di era influencer, di mana mereka menjadi salah satu sumber informasi bagi masyarakat, termasuk bagi generasi muda,” jelasnya.

Tingginya literasi menjadi kunci dalam pertumbuhan industri kripto di berbagai wilayah. Dengan literasi yang memadai, investor dapat memahami potensi serta risiko yang terkandung dalam kelas aset baru tersebut.

Robby, yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Aspakrindo-ABI, berharap agar para influencer terus mengajak masyarakat untuk berinvestasi pada platform resmi dan terdaftar di Bappebti. Dengan begitu, keberadaan mereka juga dapat mencegah terjadinya capital outflow ke entitas global yang tidak berizin di Indonesia.

35% Investor Kripto Tidak Percaya Diri dengan Pengetahuannya

Survei terbaru yang digelar oleh Preply menjelaskan, sekitar 35% investor aset digital ternyata tidak percaya diri dengan pengetahuan mereka terkait kripto. Meskipun penelitian itu dilakukan di Amerika Serikat (AS), wilayah yang disasar merupakan area utama yang memimpin dalam pencarian terkait kripto.

Dalam laporan tersebut, juga disebutkan bahwa sebanyak 60% investor mengaku tidak memahami konsep teknologi yang mendasari kripto, blockchain.

Investor Gen Z menjadi kelas investor yang memiliki kebimbangan terbesar dalam berinvestasi kripto. Sebanyak 40% dari mereka merasa tidak percaya diri tentang pengetahuan kripto yang dimiliki. Sementara itu, generasi milenial menjadi investor yang paling percaya diri terkait pemahaman aset digital.

Bagaimana pendapat Anda tentang topik ini? Yuk, sampaikan pendapat Anda di grup Telegram kami. Jangan lupa follow akun Instagram dan Twitter BeInCrypto Indonesia, agar Anda tetap update dengan informasi terkini seputar dunia kripto!

Penyangkalan

Seluruh informasi yang terkandung dalam situs kami dipublikasikan dengan niat baik dan bertujuan memberikan informasi umum semata. Tindakan apa pun yang dilakukan oleh para pembaca atas informasi dari situs kami merupakan tanggung jawab mereka pribadi.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *