Hadapi Dugaan Jual Beli Akun Ilegal, Worldcoin Justru Naik 3%

banner 120x600
banner 468x60

Proyek biometrik berbasis kripto, Worldcoin (WLD), tengah menghadapi penyelidikan dari Otoritas Moneter Singapura (MAS). Entitas yang ikut didirikan oleh Sam Altman itu diduga terlibat dalam jual beli akun secara ilegal dan juga pencucian uang.

banner 325x300

Untuk mengumpulkan bukti, pihak kepolisian Singapura masih melakukan investigasi kepada 7 individu yang diduga terlibat dalam aktivitas gelap tersebut. Wakil Perdana Menteri Singapura Gan Kim Yong mengatakan, berdasarkan informasi yang diterima MAS, proyek Worldcoin tidak melakukan bisnis layanan pembayaran.

Meski begitu, tetap terdapat kemungkinan bahwa oknum yang melakukan jual beli akun dan token WLD tersebut ikut menyediakan layanan pembayaran. Pihak penegak hukum berupaya menjerat terduga dengan pasal pelanggaran Payment Services Act 2019.

“Akun dan token Worldcoin yang dijual secara ilegal berpotensi disalahgunakan untuk kegiatan jahat seperti pencucian uang maupun pendanaan terorisme,” jelas Yong.

Tuduhan ini menjadi sengketa hukum terbaru yang dialami oleh Worldcoin. Sebelumnya, beberapa regulator data dunia telah melakukan penyelidikan untuk melihat potensi pelanggaran data pribadi masyarakat.

Spanyol, Portugal, dan Hong Kong adalah beberapa negara yang sempat menggelar penyelidikan intensif lantaran khawatir bahwa kehadiran Worldcoin mampu mengebiri kedaulatan data.

Terlepas dari hal itu, kiprah Worldcoin di Singapura awalnya mendapatkan sambutan positif dari industri setempat. Hal itu terefleksi dari diterimanya kontributor proyek Tools for Humanity (TFH) sebagai anggota dua asosiasi startup Singapura, yakni ACCESS dan Singapore Fintech Association (SFA).

Token Worldcoin Tetap Mendaki

Di tengah tuduhan serius dari otoritas Singapura, pergerakan token WLD betah berada di zona hijau. Sentimen tersebut sepertinya tidak begitu memengaruhi kepercayaan investor pada proyek tersebut.

Dalam pantauan CoinGecko, token WLD dalam 24 jam terakhir malah mencatatkan kenaikan 3% ke level US$1,46. Tetapi jika ditarik lebih jauh selama 30 hari belakangan, token Worldcoin telah terkoreksi sebesar 18,9%.

Sebelumnya, trader kenamaan di crypto exchange Bybit, DeFi^2, pernah mengatakan bahwa Worldcoin merupakan proyek yang menipu dan tidak memiliki kaitan nyata dengan OpenAI, entitas yang didirikan oleh Altman.

Bagaimana pendapat Anda tentang dugaan keterlibatan Worldcoin dalam jual beli akun ilegal dan pencucian uang oleh Otoritas Moneter Singapura (MAS) ini? Yuk, sampaikan pendapat Anda di grup Telegram kami. Jangan lupa follow akun Instagram dan Twitter BeInCrypto Indonesia, agar Anda tetap update dengan informasi terkini seputar dunia kripto.

Penyangkalan

Seluruh informasi yang terkandung dalam situs kami dipublikasikan dengan niat baik dan bertujuan memberikan informasi umum semata. Tindakan apa pun yang dilakukan oleh para pembaca atas informasi dari situs kami merupakan tanggung jawab mereka pribadi.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *