FCA Akan Fokus Awasi pada Penyalahgunaan Pasar Aset Digital

banner 120x600
banner 468x60

Dalam rencana kerjanya untuk tahun 2024/2025, Otoritas Perilaku Keuangan (FCA) Inggris mengaku bakal menaruh fokusnya pada penyalahgunaan pasar aset digital. Tingginya tingkat pelanggaran menjadi salah satu alasan meningkatnya kewaspadaan FCA terhadap aset digital.

banner 325x300

Salah satu strategi yang mulai diterapkan FCA adalah dengan mendorong pembangunan kemampuan analitik tingkat lanjut, seperti melalui analisis jaringan dan visualisasi kelas lintas aset.

“Kami akan menerbitkan data kebersihan pasar pada Q3 tahun ini, yang akan menangkap lebih banyak anomali perdagangan dibanding metrik yang saat ini sudah ada,” jelas FCA dalam keterangan resminya.

Lebih lanjut, FCA menjelaskan bahwa pihaknya juga bakal berupaya meminimalisir dampak buruk dari kegagalan perusahaan terhadap konsumen dan pasar. Hal itu bertujuan untuk bisa mengelola risiko guncangan pasar, terutama dalam kondisi market seperti saat ini.

Di sisi lain, FCA juga belum berencana melonggarkan pengawasannya pada promosi keuangan entitas kripto. Bahkan, FCA berencana meningkatkan kemampuan teknologinya untuk mendeteksi promosi keuangan berbahaya di media sosial dan mesin pencari (search engine), mengembangkan kampanye “InvestSmart”, serta meningkatkan kesadaran konsumen.

Sejak 8 Oktober tahun lalu, FCA sudah mulai menerapkan kebijakan baru yang mengharuskan para entitas kripto untuk mematuhi aturan pemasaran. Dalam aturan itu, disebutkan bahwa masing-masing platform yang terdaftar dan sudah mendapatkan Lisensi Anti-Pencucian Uang (MLRs) wajib tunduk pada aturan promosi.

Namun nyatanya, baru 1 bulan berjalan, FCA sudah mengeluarkan 221 surat peringatan kepada entitas kripto. Hal itu menunjukkan bahwa tingkat kepatuhan para pelaku usaha di industri kripto masih sangat rendah.

“Kami akan melanjutkan penilaian ketat terhadap permohonan perusahaan untuk menyetujui promosi keuangan bagi perusahaan yang tidak berwenang. Sejak Februari 2024, FCA sudah memperbaharui daftar perusahaan yang sudah mendapatkan izin untuk melakukan promosi. Melalui sumber data baru, regulator bisa bertindak lebih cepat terhadap berbagai bentuk pelanggaran,” tegas FCA.

Dalam rencana kerja itu, juga disebutkan bahwa FCA menyiapkan biaya sebesar 6,2 juta pound sterling untuk regulasi baru stablecoin, serta 200 ribu pound sterling untuk memperluas batas promosi keuangan.

Bagaimana pendapat Anda tentang topik ini? Yuk, sampaikan pendapat Anda di grup Telegram kami. Jangan lupa follow akun Instagram dan Twitter BeInCrypto Indonesia, agar Anda tetap update dengan informasi terkini seputar dunia kripto!

Penyangkalan

Seluruh informasi yang terkandung dalam situs kami dipublikasikan dengan niat baik dan bertujuan memberikan informasi umum semata. Tindakan apa pun yang dilakukan oleh para pembaca atas informasi dari situs kami merupakan tanggung jawab mereka pribadi.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *