Fantom (FTM) Reli 68% dalam 30 Hari, namun Jalur Menuju US$1 Masih Tidak Jelas

banner 120x600
banner 468x60

Harga Fantom (FTM) telah mengalami reli yang luar biasa dalam 30 hari terakhir, melonjak 68% dan memicu spekulasi tentang kembalinya token ke US$1. Namun, meskipun performa ini mengesankan, data on-chain menunjukkan bahwa perjalanan menuju tonggak ini masih jauh dari jaminan.

Harga FTM terakhir kali mencapai US$1 enam bulan yang lalu. Dalam analisis ini, BeInCrypto mengungkapkan tantangan yang ada dan apa yang harus diwaspadai oleh investor.

banner 325x300

Holder dan Bitcoin Menghambat Pergerakan Fantom

Pada 22 September, harga Fantom mencapai US$0,71 setelah pembentukan pola kepala dan bahu terbalik membantu memvalidasi tren naik. Namun, saat ini, nilainya adalah US$0,69, menunjukkan bahwa perkiraan reli FTM ke US$1 telah tertahan.

Berdasarkan data dari IntoTheBlock, holder FTM sebagian besar bertanggung jawab atas penurunan ini. Terutama, Waktu Penahanan Koin, yang mengukur berapa lama sebuah aset kripto dipegang tanpa dijual, meningkat hingga 4 Oktober.

Perkembangan ini menunjukkan keyakinan kuat pada potensi jangka pendek token untuk naik lebih tinggi. Namun, dalam empat hari terakhir, Waktu Penahanan Koin Fantom telah menurun, menunjukkan bahwa holder telah mengambil keuntungan dari kenaikan terbaru. Jika berlanjut, tekanan jual ini bisa menghambat harga FTM dari naik lebih tinggi.

Baca lebih lanjut: Cara Menambahkan Fantom ke MetaMask: Panduan Langkah demi Langkah

Waktu Penahanan Koin Fantom | Sumber: IntoTheBlock

Faktor lain yang bisa menghambat kemajuan aset kripto ini adalah korelasinya dengan Bitcoin (BTC). Berdasarkan data IntoTheBlock, matriks korelasi 30 hari antara BTC dan FTM adalah 0,92. Matriks atau koefisien ini berkisar dari -1 hingga +1, di mana yang pertama menunjukkan sedikit atau tidak ada korelasi sedangkan yang terakhir menunjukkan gerakan arah yang kuat.

Angka koefisien saat ini menunjukkan bahwa FTM bergerak hampir ke arah yang sama dengan Bitcoin. Namun baru-baru ini, harga Bitcoin, yang mencapai US$64.000 kemarin, telah menurun menjadi US$62.383. Dengan demikian, harga FTM kemungkinan akan mengikuti arah yang serupa karena ikatan yang dimiliki aset kripto tersebut.

Fantom menunjukkan korelasi kuat dengan Bitcoin
Korelasi Harga Fantom dengan Bitcoin | Sumber: IntoTheBlock

Prediksi Harga FTM: Hambatan Kunci Ancam Target US$1

Pada grafik harian, harga FTM semakin mendekati zona pasokan di US$0,73. Secara historis, setiap kali altcoin mencapai titik ini, ia mengalami koreksi. Misalnya, pada 10 Mei, harga mencapai US$0,73. Namun, tidak lama kemudian, turun menjadi US$0,64.

Kejadian serupa terjadi pada 8 Juni, saat FTM ditolak begitu mencapai titik ini. Jika pola yang sama terjadi dalam kasus ini, harga token bisa turun menjadi US$0,60. Lebih jauh lagi, skenario yang sangat bearish bisa membuat harga FTM anjlok menjadi US$0,52.

Baca lebih lanjut: 9 Tips Keamanan Dompet Kripto untuk Melindungi Aset Anda

Analisis harga FTM
Analisis Harga Harian Fantom | Sumber: TradingView

Namun, jika para bull ingin mencegah penurunan, mereka harus mendorong token jauh di atas resistance US$0,73. Jika berhasil, pasangan FTM/USD bisa naik menjadi US$0,80 dan kemudian menuju US$1 dalam jangka pendek.

Penyangkalan

Seluruh informasi yang terkandung dalam situs kami dipublikasikan dengan niat baik dan bertujuan memberikan informasi umum semata. Tindakan apa pun yang dilakukan oleh para pembaca atas informasi dari situs kami merupakan tanggung jawab mereka pribadi.
Selain itu, sebagian artikel di situs ini merupakan hasil terjemahan AI dari versi asli BeInCrypto yang berbahasa Inggris.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *