Crypto Exchange Bitkub Berniat IPO di Thailand pada 2025

Bitkub Capital Group Holdings, induk perusahaan crypto exchange terbesar di Thailand, berencana melantai di bursa saham pada tahun 2025.

CEO Bitkub, Jirayut Srupsrisopa, mengatakan kepada Bloomberg pada hari Senin (1/4) bahwa perusahaan yang dia pimpin akan melakukan penawaran umum perdana (IPO) di Bursa Efek Thailand.

Inisiatif ini dilakukan untuk meningkatkan profil perusahaan tersebut dan mengumpulkan suntikan dana segar. Saat ini, Bitkub sedang dalam proses merekrut penasihat keuangan untuk IPO.

Sebelumnya, Bitkub telah mengisyaratkan rencana untuk melakukan IPO di Thailand dalam surat kepada pemegang saham, meski belum menentukan target jangka waktu.

Pada akhir Juni 2023, Bitkub menjual 9,2% sahamnya di Bitkub Online Co., unit crypto exchange perusahaan tersebut, kepada Asphere Innovations seharga US$16,5 juta. Saat itu, valuasi Bitkub Online mencapai sekitar US$165 juta.

Jirayut memperkirakan valuasi Bitkub Online akan meningkat karena volume perdagangan di platform mereka mendekati level yang belum pernah terlihat sejak bull market kripto terakhir pada tahun 2021.

Adapun Bitkub Online menyumbang sekitar 80% dari pendapatan Bitkub Capital.

Sebelumnya pada Agustus 2022, SCB X membatalkan rencana untuk mengakuisisi 51% saham di Bitkub Online senilai US$500 juta di tengah meningkatkan pengawasan peraturan kripto di Thailand.

Dinamika Industri Kripto di Thailand

Persaingan bisnis kripto di negara dengan ekonomi terbesar kedua di Asia Tenggara ini semakin memanas, seiring kehadiran Binance hingga Kasikornbank yang mengambil langkah untuk merebut pangsa pasar dari Bitkub dalam 6 bulan terakhir.

Menurut data Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) Thailand, jumlah akun perdagangan kripto aktif di Thailand melonjak menjadi 238.000 akun pada bulan Maret lalu, atau mencapai level tertinggi sejak September 2022.

Pada 12 Maret lalu, SEC Thailand telah memberikan lampu hijau bagi para manajer investasi (MI) untuk meluncurkan private fund yang memiliki eksposur terhadap ETF Bitcoin spot yang listing di bursa Amerika Serikat (AS).

Bagaimana pendapat Anda tentang topik ini? Yuk, sampaikan pendapat Anda di grup Telegram kami. Jangan lupa follow akun Instagram dan Twitter BeInCrypto Indonesia, agar Anda tetap update dengan informasi terkini seputar dunia kripto!

Penyangkalan

Seluruh informasi yang terkandung dalam situs kami dipublikasikan dengan niat baik dan bertujuan memberikan informasi umum semata. Tindakan apa pun yang dilakukan oleh para pembaca atas informasi dari situs kami merupakan tanggung jawab mereka pribadi.

Exit mobile version