Christian Adinata Butuh 6-9 Bulan Pemulihan setelah Naik Meja Operasi

banner 120x600
banner 468x60

loading…

banner 325x300
JAKARTA – Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Christian Adinata , mengungkapkan kondisi terkininya usai menjalani operasi lutut. Hampir satu pekan berlalu, Christian mengatakan dalam kondisi yang baik.

Namun begitu, pemain berusia 23 tahun itu juga harus banyak bersabar karena pemulihan tidak akan berjalan cepat. Pasalnya menurut dokter, ia membutuhkan waktu selama 6-9 bulan untuk memulihkan kondisinya tersebut.

Pada pekan lalu, Christian membuat keputusan besar dengan naik ke meja operasi setelah kondisi cederanya tak kunjung membaik selama setahun terakhir. Adanya serpihan-serpihan tulang kecil yang ada di lutut Christian membuat dirinya mengambil pilihan jalan operasi.

Kini setelah hampir sepekan pascaoperasi, Christian fokus menjalani fisioterapi untuk mengembalikan kekuatan ototnya. Target terdekat adalah mencoba menekukkan kaki kirinya 90 derajat atau lebih, setelah satu bulan pascaoperasi.

“Pertama Puji Tuhan semuanya makin hari makin baik, untuk update terakhir pascaoperasi sekarang sedang proses untuk mengembalikan kekuatan ototnya,” ungkap Christian saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Rabu (24/7/2024).

“Untuk posisi menekuk dokter bilang selama satu bulan ini menekuknya tidak boleh lebih dari 90 derajat. Tapi satu minggu setelah operasi saya sudah bisa menekuk mencapai 85 derajat. Setelah satu bulan nanti baru boleh belajar menekuk sampai full,” sambungnya.

Akan tetapi, Christian membutuhkan waktu yang sangat panjang untuk menjalani pemulihan cedera lutut kiri ini. Diperkirakan memakan waktu selama 6-9 bulan imbas kondisi tulang rawan di lutut Christian yang sudah terlihat hancur.

“Dokter bilang karena ini memang penanganan yang terlambat jadi kondisi di tulang rawan dalam lututnya memang terlihat hancur,” tambah juara SEA Games 2023 tersebut.

“Jadi mungkin butuh waktu sekitar 6-9 bulan untuk menunggu tulang rawannya tumbuh kembali,” tutup Christian.

(sto)

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *