Bakal Munculkan Juara Baru, 6 Tim Bertarung di Playoff Liga 1 Esports Nasional 2024

banner 120x600
banner 468x60

loading…

banner 325x300

Bakal Munculkan Juara Baru, 6 Tim Bertarung di Playoff Liga 1 Esports Nasional 2024 Images. Foto: SINDOnews/Andhika Khoirul Huda

JAKARTA – Babak Playoff Liga 1 Esports Nasional 2024 yang mempertandingkan gim Mobile Legends: Bang Bang, berlangsung pada akhir pekan ini. Sebanyak enam tim bertarung memperebutkan takhta tertinggi dan dipastikan bakal ada yang menjadi juara baru.

Setelah dimulai sejak bulan Juni lalu, Liga Esports Nasional 2024 akhirnya memasuki babak playoff yang digelar mulai Jumat (25/10/2024) hingga Minggu (27/10/2024) di Mall Taman Anggrek, Jakarta. Adapun tim-tim yang tampil di babak playoff kelas Liga 1 tahun ini adalah Mahadewa, Kings, Dewa United Hades, Donkey.ID x GPX, Evos Holy dan ONIC Miracle.

Event Director Garudaku, Wim Reynaldo, membeberkan bahwa Liga 1 Esports Nasional 2024 akan melahirkan juara baru. Pasalnya, sang juara bertahan, Pajajaran Esports, tak mampu melaju ke babak playoff.

“Total hadiah yang kita berikan untuk prize pool Liga Esports Nasional 2024 adalah Rp3,2 miliar. Dan tahun ini dipastikan akan ada juara baru karena juara bertahannya, Pajajaran Esports, tidak masuk ke babak playoff,” ujar Wim kepada awak media, termasuk MNC Portal Indonesia, saat ditemui di Mall Taman Anggrek, Jumat (25/10/2024).

Lebih lanjut, Wim mengungkapkan bahwa persaingan Liga 1 Esports Nasional 2024 lebih ketat dibanding tahun lalu. Banyak tim yang tak kompetitif musim lalu, justru bangkit dan mencapai playoff tahun ini.

“Seperti EVOS, GPX, Dewa United Hades, ada juga Mahadewa dan Kings yang sebagai tim baru. Kalau ONIC sudah dua kali ini, dalam dua season ini berjalan selalu masuk ke playoffs,” jelasnya.

Sebagai informasi, Liga Esports Nasional 2024 telah bergulir sejak Juni, dimulai dengan Liga 3, berlanjut ke Liga 2, kemudian Liga 1.Selain ajang utama yang mempertandingkan gim Mobile Legends: Bang-Bang, penyelenggara juga menggelar turnamen eksibisi untuk sejumlah gim, di antaranya Free Fire, Tekken, dan eFootball.

Tujuannya, mengetahui respons pemain dan untuk nantinya judul game tersebut dapat ditambahkan pada Liga Esports Nasional 2025. Sistem promosi dan degradasi juga dilakukan di Liga Esports Nasional 2024, setelah mulai digulirkan pada tahun lalu.

“Pembedanya di tahun ini kita sudah menjalankan sistem promosi degradasi. Kita sudah mulai dari Liga 2, kemarin ada di tim Liga 2 itu ada promosi dua tim ke Liga 1. Tapi ada yang degradasi ke Liga 3 atau keluar dari jalur Liga 2 itu ada empat tim. Dan untuk di tahun ini juga sama untuk Liga 1-nya,” beber Wim.

Tim yang melaju ke babak playoff berkesempatan mengikuti kualifikasi kejuaraan esports internasional. Wim mengungkapkan empat tim terbaik dalam layoff 2023 mengikuti pemilihan tim nasional yang digelar Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) untuk IESF Riyadh 2024.

“Tapi belum ada yang lolos untuk masuk talent timnas karena belum beruntung saja. Kita harapkan dari enam tim ini nantinya ketika akan kita melakukan kualifikasi lagi untuk pencarian timnas,” ucap Wim.

“Seperti event internasional, baik SEA Games, Asian Games, maupun IESF, mereka dapat lolos dari jalur Liga Esports Nasional,” pungkasnya.

(sto)

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *