7 Tips Liburan Nyaman saat Curah Hujan Tinggi, Bukan Cuma Bawa Payung

banner 120x600
banner 468x60

loading…

banner 325x300

Tidak sekadar sedia payung, ada berbagai aspek krusial yang sebaiknya disiapkan saat liburan di musim penghujan. Foto Ilustrasi/iStock

JAKARTA – Berencana pergi liburan dalam waktu dekat ini? Anda tentu harus melakukan persiapan eksta karena hujan masih kerap mengguyur beberapa wilayah di Indonesia.

Tidak sekadar sedia payung, ada berbagai aspek krusial yang sebaiknya disiapkan saat liburan di musim penghujan. Apa saja itu? Berikut di antaranya, melansir dari berbagai sumber.

1. Tentukan Lokasi Terbaik untuk Liburan

Berlibur di kala musim hujan tentu membuat Anda perlu menyesuaikan tempat-tempat wisata yang akan dikunjungi. Misalnya, ada baiknya Anda mengurangi aktivitas di alam saat sedang musim hujan.

Agar lebih aman dan tenang berlibur saat musim hujan, Anda bisa mempertimbangkan opsi untuk pergi ke destinasi yang banyak indoor-nya.

2. Pilih Waktu Tepat untuk Bepergian

Liburan saat musim hujan tentu butuh persiapan ekstra. Karena itulah, Anda mesti menyusun rencana bepergian dengan sebaik mungkin saat musim hujan.

Untuk memudahkan mengetahui kapan hujan diprediksi terjadi, Anda bisa merujuk pada informasi resmi prakiraan cuaca di situs web resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) untuk domestik Indonesia maupun situs web perkiraan cuaca resmi dari negara tujuan.

3. Gunakan Tas Tahan Air

Saat berlibur di musim hujan, ada baiknya Anda menggunakan tas yang tahan air. Ini bertujuan agar barang bawaan lebih aman terlindungi saat sewaktu-waktu terkena air hujan. Anda tak mau bukan barang bawaan basah kuyup imbas terkena hujan lebat?

Terlebih bila Anda membawa barang-barang elektronik yang bisa rusak jika terkena air. Biar lebih aman, Anda juga bisa sekaligus membawa pembungkus gadget antiair.

4. Siapkan Obat-Obatan Penting

Ketika Anda ingin bepergian saat musim hujan, pastikan pula telah membawa berbagai obat-obat penting untuk berjaga-jaga. Sejumlah obat yang bisa Anda bawa sebagai antisipasi adalah obat flu, obat masuk angin, serta minyak kayu putih.

5. Bawa Jaket dan Baju Tebal

Musim hujan identik dengan suhu udara yang lebih sejuk atau dingin. Karena itulah, sebaiknya Anda membawa jaket atau baju hangat. Tak asyik banget kan kalau tiba-tiba masuk angin saat liburan hanya karena lupa bawa pakaian yang sesuai?

Karena itu, siapkan dari awal jaket maupun baju hangat untuk ditaruh di hotel atau penginapan.

6. Jaga Kondisi Tubuh

Saat berlibur di musim hujan, menjadi penting untuk menjaga kondisi tubuh tetap bugar. Usahakan untuk selalu makan tepat waktu, mengonsumsi vitamin, serta tidak melakukan aktivitas yang telalu menguras energi fisik.

7. Menyantap Hidangan Hangat

Saat liburan di musim hujan, paling pas jika Anda menikmati cuaca sejuk tersebut untuk rileks. Carilah kuliner yang bisa membuat tubuh terasa hangat, misalnya sup, soto, bubur, mi bakso, atau makanan hangat lainnya.

Tambah asyik lagi kalau Anda menikmati pelengkap sajian hangat, seperti sekoteng, kacang rebus, kembang tahu, dan lain sebagainya.

(tsa)

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *