7 Film Thailand Paling Kontroversial, Nomor Terakhir Berujung Tuntutan Hukum terhadap Pembuatnya

banner 120x600
banner 468x60

loading…

Film Thailand paling kontroversial kerap menampilkan adegan yang vulgar seperti seks dan kekerasan brutal. Foto/IMDb

banner 325x300
JAKARTA – Film Thailand paling kontroversial kerap menampilkan adegan yang vulgar seperti seks dan kekerasan brutal. Saking vulgar, sejumlah film harus menghadapi kecaman publik saat baru dirilis di bioskop.

Thailand dianggap sebagai salah satu negara yang memiliki Badan Sensor Film yang paling ketat dan bereputasi baik. Lembaga itu tak segan-segan memotong adegan brutal yang dinilai tak pantas ditampilkan di layar dan jauh dari nilai-nilai kesopanan, bahkan melarang film untuk beredar jika tak memenuhi kualifikasi yang mereka tetapkan.

Namun di sisi lain, meski badan perfilman setempat sudah meloloskan sebuah film, tetap saja ada karya sinema itu yang menuai kontroversi setelah rilis. Publik mengecamnya, sampai-sampai pihak pembuat film harus menarik karya mereka, atau mungkin memilih tidak merilisnya karena takut akan penerimaan yang buruk.

Berikut sederet film Thailand paling kontroversial hingga dilarang penayangannya, dilansir dari laman Asiantv4u.

Film Thailand Paling Kontroversial

1. Insects In The Backyard

IMDb

Insects In The Backyard adalah film tahun 2010 yang disutradarai oleh Tanwarin Sukkhapisit. Ceritanya seputar seorang transgender yang membesarkan dua anak tanpa kehadiran orang tuanya. Berdasarkan undang-undang film setempat, film tersebut dilarang karena adegan yang tak pantas dan mengandung pornografi. Sutradara film ini bahkan sempat menggugat badan sensor, namun tetap tidak mendapat keringanan.

2. Jan Dara

7 Film Thailand Paling Kontroversial, Nomor Terakhir Berujung Tuntutan Hukum terhadap Pembuatnya

IMDb

Jan Dara diproduksi tahun 2001. Ceritanya tentang seseorang yang berusaha melepaskan diri dari siklus seks serta pelecehan yang terjadi di rumah tangganya saat dia memenuhi keinginan dan kesenangannya.

Film ini menampilkan karakter utama bernama Jan Dara, yang memiliki hubungan inses yang terjadi pada tahun 1930-an. Dia mengikuti jejak ayahnya dan menjadi seorang penggoda wanita. Anak laki-laki itu jatuh cinta pada simpanan ayahnya. Film ini menjadi kontroversial di Thailand karena adegan seksnya diuji oleh sensor undang-undang film tahun 1930.

3. Syndromes And A Century

7 Film Thailand Paling Kontroversial, Nomor Terakhir Berujung Tuntutan Hukum terhadap Pembuatnya

IMDb

Film produksi tahun 2006 ini mengusung genre drama. Syndromes And A Century mengambil seting cerita di dua tempat. Pertama di sebuah rumah sakit pedesaan di Thailand, dan yang kedua di pusat kesehatan di Bangkok. Film ini mendapat banyak perhatian di kalangan pelaku industri film internasional karena menjadi yang pertama masuk ke Festival Film Venesia, namun tidak diterima di Thailand.

Syndromes And A Century menjadi kontroversial ketika badan sensor menuntut pihak rumah produksi pemotongan empat adegan agar bisa ditayangkan secara komersial.

4. Pitupoom – Fatherland

7 Film Thailand Paling Kontroversial, Nomor Terakhir Berujung Tuntutan Hukum terhadap Pembuatnya

Asiantv4u

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *