3 Token AI Top Gainer di Pekan Ketiga Agustus 2024

banner 120x600
banner 468x60

Pasar kripto memahat tren bullish yang signifikan pekan ini. Seperti kebanyakan altcoin lain, token-token berbasis artificial intelligence (AI) juga menikmati reli yang mengesankan.

Meski banyak crypto AI mengalami lonjakan, Numeraire (NMR), Marlin (POND), dan Bittensor (TAO) mencatatkan kenaikan terbesar. Sehingga, membuat ketiganya berhasil melantai di daftar token AI top gainer pekan ini. Berikut adalah bagaimana prestasi itu terjadi.

banner 325x300

Numeraire (NMR)

Numeraire (NMR) adalah token ERC-20 yang beroperasi di blockchain Ethereum. Token ini dikembangkan oleh Numerai, perusahaan inovatif di bidang artificial intelligence (AI) yang bermarkas di San Francisco.

Pekan ini, harga NMR melesat nyaris 50%, mencapai puncaknya di US$18,32. Ini sekaligus menjadi level tertinggi sejak 26 Juli. Setelah itu, harganya terkoreksi ringan ke level US$17,07 pada waktu publikasi. Adapun lonjakan harga yang signifikan ini terjadi berkat meningkatnya tekanan beli. Ini sebagaimana terlihat pada grafik harian Numeraire.

Tepatnya pada tanggal 5 Agustus, harga NMR bertengger di bawah US$10 dan Relative Strength Index (RSI) menunjukkan kondisi oversold (jenuh jual). Umumnya, nilai RSI di bawah 30,00 mengindikasikan kondisi oversold, sementara nilai di atas 70,00 menandakan level overbought (jenuh beli). Seperti yang terpampang, RSI naik seiring dengan melonjaknya momentum beli. Sehingga, ini berkontribusi pada lonjakan harga token.

Baca Juga: Ini Dia 3 Altcoin Top Gainer di Pekan Ketiga Agustus 2024

Analisis Harian Numeraire | Sumber: TradingView

Pada hari Kamis (22/8), RSI sempat menyentuh titik overbought (jenuh beli), yang mengakibatkan koreksi harga terkini. Jika momentum bearish terus berlanjut, harga NMR bisa melorot ke area support US$14,81. Namun, jika tren bullish kembali mendominasi, harga bisa melambung menuju US$19,19.

Marlin (POND)

POND, token utilitas dari Marlin—protokol terbuka (open protocol) yang menyuguhkan infrastruktur untuk proyek Web3—mengalami kenaikan harga 26,94% dalam 7 hari terakhir. Saat ini, koin AI ini diperdagangkan di level US$0,015.

Dalam grafik berikut, Bull Bear Power (BBP) menunjukkan zona positif. BBP sendiri bertugas mengukur kekuatan penjual dalam menarik harga turun ataupun kekuatan pembeli dalam mendongkrak harga suatu aset naik.

Jika nilai BBP negatif, berarti bear sedang mendominasi, dan harga berisiko turun. Namun, nilai yang positif seperti yang terlihat pada POND sekarang tandanya komplotan bull sedang memegang kendali pasar. Dengan demikian, jika tren ini berlanjut, harga token Marlin bisa terapresiasi hingga ke US$0,017.

Analisis Harian Marlin.
Analisis Harian Marlin | Sumber: TradingView

Namun, seumpama bear berhasil menetralkan kekuatan bull, harga token AI ini bisa tergelincir ke US$0,014 atau bahkan ambruk serendah US$0,012.

Bittensor (TAO)

Token AI terakhir yang tampil impresif pekan ini adalah Bittensor (TAO). Bittensor adalah protokol open-source yang berusaha meredefinisi cara kita memandang teknologi AI. TAO bertekad menciptakan jaringan pembelajaran mesin (machine learning) yang terdesentralisasi, berbasiskan blockchain.

Selama 7 hari terakhir, harga TAO melejit 25,70%; ini termasuk kenaikan 14% hanya dalam kurun waktu 24 jam terakhir. Besar peluang, reli harga ini terjadi berkat peluncuran reksa dana investasi oleh Grayscale yang dikaitkan dengan aset kripto ini.

Saat ini, TAO diperdagangkan seharga US$339,92. Kalangan bull berhasil mempertahankan level support kunci di US$260, yang menjadi fondasi bagi reli harga terbaru. Tekanan beli yang meningkat faktanya berhasil mendorong token ini melesat melampaui level resistance US$290,64 dan US$303,95.

Saat ini, indikator Chaikin Money Flow (CMF) telah menyelinap keluar dari zona negatif. Itu artinya, akumulasi sedang mendominasi distribusi. Jika tren akumulasi ini terus bertahan, harga TAO berpotensi naik menuju US$371,40 sebelum akhir pekan.

Baca Juga: Vitalik Buterin Nyatakan Dukungan pada Artificial Intelligence, Token-token AI Ikut Terdongkrak!

Analisis Harian Bittensor.
Analisis Harian Bittensor | Sumber: TradingView

Namun, jika para investor memutuskan untuk mencairkan profit alias profit-taking, momentum bullish token bisa jadi memudar. Pada akhirnya, hal ini bisa menyeret harga turun kembali ke bawah US$300.

Bagaimana pendapat Anda tentang prospek ketiga crypto AI ini di pekan ketiga Agustus 2024? Yuk, sampaikan pendapat Anda di grup Telegram kami. Jangan lupa follow akun Instagram dan Twitter BeInCrypto Indonesia, agar Anda tetap update dengan informasi terkini seputar dunia kripto!

Penyangkalan

Seluruh informasi yang terkandung dalam situs kami dipublikasikan dengan niat baik dan bertujuan memberikan informasi umum semata. Tindakan apa pun yang dilakukan oleh para pembaca atas informasi dari situs kami merupakan tanggung jawab mereka pribadi.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *