10 Destinasi Wisata Sejarah dan Budaya di Jogja, Menarik sekaligus Edukatif

banner 120x600
banner 468x60

loading…

banner 325x300

Ada banyak destinasi wisata sejarah dan budaya di Jogja alias Yogyakarta yang bisa dikunjungi selama musim liburan ini. Foto/iStock

YOGYAKARTA – Ada banyak destinasi wisata sejarah dan budaya di Jogja alias Yogyakarta yang bisa dikunjungi selama musim liburan ini. Di museum misalnya, selain berwisata, tentu akan ada informasi bermakna yang didapatkan kala berkunjung ke sana.

Bagi Anda yang ingin mengenal lebih dalam tentang sejarah dan kebudayaan Jawa, mengunjungi museum-museum saat liburan di Yogyakarta bisa menjadi pilihan wisata yang menarik dan edukatif.

Kita tahu, Yogyakarta menjadi salah satu kota di Indonesia yang kaya akan warisan budaya dan sejarah, yang tercermin dari kehadiran berbagai museum yang tersebar di seluruh wilayahnya. Nah, kali ini SINDOnews informasikan 10 museum di Yogyakarta yang wajib Anda kunjungi ketika liburan.

Destinasi Wisata Sejarah dan Budaya di Jogja

1. Museum Batik Yogyakarta

Lokasi: Jl. Doktor Sutomo No. 13A, Bausasran, Kota Yogyakarta

Jika berencana mengunjungi Yogyakarta, jangan lupa mampir ke museum ini karena Anda akan mendapatkan pengetahuan yang berharga tentang batik. Museum Batik memiliki lebih dari 1.200 koleksi motif batik. Tempat ini sangat cocok bagi para seniman karena mereka akan belajar tentang kain, warna, dan peralatan yang digunakan.

Museum ini beroperasi pukul 09.00-15.00 WIB dan tutup di hari Minggu.

2. Museum Affandi

Lokasi: Jl. Laksda Adisucipto No.167, Papringan, Sleman, Yogyakarta

Terletak di tepi Sungai Gajah Wong, Museum Affandi memiliki karya-karya terbaik dari pelukis kenamaan Indonesia tersebut dan seniman lainnya. Anda pasti akan terkejut melihat karya-karya pribadi dan barang-barang dari para seniman ini.

Museum ini dulunya adalah ruang pribadi pelukis Affandi yang kemudian diubah menjadi museum untuk menampilkan lukisannya. Kini, museum juga menampung sekitar 250 lukisan dari pelukis lain. Jangan lewatkan salah satu museum seni terbaik di Yogyakarta ini ya. Jam operasionalnya adalah pukul 09.00-16.00 WIB, tutup di hari Minggu.

3. De Mata Trick Eye 3D Museum

Lokasi: XT Square, Jl. Veteran No.150-151, Pandeyan, Yogyakarta

Mencari museum yang unik di Yogyakarta? De Mata Trick Eye 3D Museum adalah pilihan yang tepat. Di sini Anda akan menemukan banyak lukisan 3D. Mulai pahlawan super sampai tokoh politik, semuanya ada. Anda juga bisa mengambil foto 3D untuk menghibur teman-teman.

Didirikan pada 2013, museum ini diklaim sebagai salah satu museum 3D terbesar di dunia. Museum ini beroperasi tiap hari pukul 10.00-18.00 WIB.

4. Museum Sonobudoyo

Jl. Pangurakan No.6, Ngupasan, Yogyakarta

Setiap kota memiliki setidaknya satu museum yang menampung koleksi barang bersejarah dan memungkinkan kita merasakan masa lalu tempat tersebut. Museum Sonobudoyo adalah tempat tersebut di Yogyakarta yang tidak boleh dilewatkan oleh para penggemar sejarah. Museum ini menampung berbagai artefak termasuk keramik, keris, patung, dan senjata kuno. Salah satu museum terbaik di Yogyakarta yang sayang untuk dilewatkan.

Jam beroperasinya adalah pukul 08.00-15.30 WIB, namun di hari Jumat tutup pukul 14.00.

5. Museum Benteng Vredeburg

Lokasi: di Jl. Margo Mulyo No.6, Ngupasan, Yogyakarta

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *