Timnas Indonesia Ditekuk Irak, Asnawi Mangkualam Kritik Kualitas Lapangan SUGBK

banner 120x600
banner 468x60

loading…

banner 325x300

Asnawi Mangkualam (dua dari kiri) melempar kritik terhadap lapangan kualitas lapangan SUGBK. Foto: MPI/Cikal Bintang

Bek sayap Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Asnawi Mangkualam , mengkritik kualitas lapangan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) usai kekalahan dari Irak. Menurut Asnawi, beberapa bagian lapangan tidak rata sehingga menyulitkan pemain untuk mengalirkan bola.

Timnas Indonesia menelan kekalahan 0-2 dari Irak dalam laga lanjutan Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Kekalahan ini diderita Skuad Garuda di markas sendiri, SUGBK, Kamis (6/6/2024) sore WIB.

Selepas pertandingan, Asnawi secara blak-blakan mengungkapkan bahwa kondisi lapangan kurang baik. Padahal, dia berharap kondisi lapangan bisa jauh lebih baik sejak mereka menjamu Vietnam pada Maret lalu.

“Kondisi lapangan hari ini memang kurang baik,” kata Asnawi dalam konferensi pers usai laga, Kamis (6/6/2024). “Kami sudah diperingatkan beberapa minggu sebelumnya bahwa lapangan SUGBK diharapkan jauh lebih baik dibanding pertandingan sebelumnya melawan Vietnam.”

Pihak pengelola SUGBK sudah diingatkan untuk memantapkan kondisi lapangan, terutama setelah stadion tersebut digunakan untuk konser boyband asal Korea, NCT Dream, pada 18 Mei 2024.

Asnawi mengakui bahwa kondisi lapangan kali ini sudah sedikit lebih baik. Namun, menurutnya, masih ada beberapa bagian lapangan yang tidak rata sehingga berpengaruh pada permainan.

“Memang ada perubahan, tetapi tidak jauh berbeda. Beberapa struktur lapangan yang tidak rata cukup berpengaruh juga buat para pemain,” ujar Asnawi.

Terlepas dari masalah lapangan, Timnas Indonesia masih memiliki peluang untuk menemani Irak ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Peluang tersebut bisa terwujud jika mereka berhasil memenangkan pertandingan terakhir Grup F melawan Filipina.

Pertandingan melawan Filipina akan kembali dimainkan di SUGBK pada Selasa (11/6/2024) mendatang. Jika menang, Timnas Indonesia tidak hanya lolos ke babak ketiga tetapi juga mengamankan tiket ke Piala Asia 2027.

(sto)

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *