Susul Circle, Binance Hentikan Dukungan USDC di TRON

banner 120x600
banner 468x60

Binance, crypto exchange terbesar untuk volume perdagangan, mengikuti langkah Circle untuk mencabut dukungan USDC di blockchain TRON. Dalam keterangan resminya, Binance menjelaskan akan mulai menghentikan dukungan untuk penyetoran dan penarikan USDC melalui TRC20 mulai tanggal 5 April 2024 pukul 02:00 UTC.

banner 325x300

Meski demikian, perdagangan USDC dengan menggunakan blockchain lain tidak terdampak dan investor masih bisa memperdagangkan stablecoin tersebut di Binance. Selain itu, investor juga diberikan tenggat waktu untuk melakukan konversi, transfer atau menarik USDC TRC20 dari Binance sebelum periode berakhir.

Menariknya, baik pihak Binance maupun Circle tidak memberikan penjelasan mendetail terkait keputusannya untuk menghentikan dukungan terhadap stablecoin USDC di jaringan TRON.

Circle, selaku penerbit USDC, hanya mengatakan bahwa kebijakan tersebut merupakan bagian dari kerangka manajemen risiko. Di samping itu, Circle juga mengeklaim terus melakukan penilaian secara berkala atas blockchain yang mendukung USDC.

Pada awal Desember kemarin, Circle telah mengeluarkan pernyataan bahwa pihaknya telah menghentikan seluruh akun yang dimiliki oleh Justin Sun, pendiri TRON, dan perusahaan afiliasinya sejak Februari 2023. Kemudian, mereka membantah pula tudingan yang mengatakan bahwa pihaknya membantu Sun dan TRON memfasilitasi kegiatan terlarang.

TRON Disebut Jadi Jaringan Favorit Organisasi Terlarang

Jaringan TRON sendiri memang terkenal akan kecepatan dan efisiensi biayanya. Tak ayal, jika akhirnya banyak orang yang gemar bertransaksi dengan blockchain tersebut.

Namun, pada akhir November lalu, pimpinan dari perusahaan analisis blockchain Merkle Science, Mriganka Pattnaik, mengatakan data terkini menunjukkan bahwa organisasi teroris sekarang menggunakan TRON untuk menunjang operasionalnya.

Di samping itu, Biro Nasional Israel untuk Perlawanan Pembiayaan Teror (NBCTF) juga sudah melakukan langkah tegas dengan membekukan 143 TRON wallet antara Juli 2021 hingga Oktober 2023, karena diduga terlibat dengan kelompok teror.

Merespons hal itu, Justin Sun mengatakan bahwa TRON merupakan protokol terdesentralisasi. Kendati pihaknya berkomitmen untuk memerangi pendanaan teroris, namun Sun menegaskan bahwa mempertahankan desentralisasi adalah prioritas utama.

Bagaimana pendapat Anda tentang topik ini? Yuk, sampaikan pendapat Anda di grup Telegram kami. Jangan lupa follow akun Instagram dan Twitter BeInCrypto Indonesia, agar Anda tetap update dengan informasi terkini seputar dunia kripto!

Penyangkalan

Seluruh informasi yang terkandung dalam situs kami dipublikasikan dengan niat baik dan bertujuan memberikan informasi umum semata. Tindakan apa pun yang dilakukan oleh para pembaca atas informasi dari situs kami merupakan tanggung jawab mereka pribadi.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *