Proses Kebangkrutan, Celsius Distribusi US$2,5 Miliar ke Kreditur

banner 120x600
banner 468x60

Administrator kebangkrutan Celsius mengatakan bahwa perusahaan telah mendistribusikan sekitar US$2,53 miliar dana dalam bentuk uang tunai dan kripto likuid kepada kreditur sebagai bagian dari proses kebangkrutan. Jumlah tersebut diklaim sudah mencapai 93% dari total kewajiban Celsius untuk memulihkan dana kreditur yang mencapai US$2,73 miliar.

Dalam laporan pengadilan dijelaskan, distribusi tersebut mencakup sekitar 2/3 dari total kreditur yang memenuhi syarat untuk menerima dana. Setidaknya, sebanyak 251.000 kreditur diklaim telah berhasil menerima dana tersebut.

banner 325x300

Meski demikian, perusahaan mengakui bahwa masih banyak kreditur yang memenuhi syarat namun belum berhasil mengeklaim pembayarannya.

“Ada 121.000 kreditur yang memenuhi syarat dan memiliki klaim rata-rata US$1.500 yang belum berhasil memperoleh distribusi,” jelas laporan.

Distribusi Dana Celsius | Sumber: Laporan Pengadilan

Dari jumlah tersebut, sekitar 64.000  kreditur memiliki klaim kurang dari US$100 dan 41.000 kreditur lainnya memiliki klaim antara US$100 hingga US$1.000.

Selain itu, masih terdapat 12.000 kreditur yang sampai saat ini tidak bisa menerima distribusi karena berbagai alasan, termasuk ketidaklengkapan informasi kepatuhan yang diperlukan untuk proses distribusi.

Baca Juga: Pengadilan Restui Rencana Distribusi US$12,7 Miliar FTX dan Alameda ke Kreditur

US$1,43 Miliar Mengalir via PayPal

Dalam proses distribusi aset, Celsius sudah menunjuk dua entitas yang menjadi agen dalam pemulihan dana nasabah. Adalah PayPal/Venmo dan juga Coinbase sebagai pihak yang bertanggung jawab untuk melakukan distribusi aset kripto.

Laporan menyebutkan, sebanyak US$1,43 miliar telah disalurkan melalui PayPal/Venmo, dan sekitar US$917 juta disalurkan melalui Coinbase. Sementara US$178 juta sisanya didistribusikan melalui jalur tunai.

Untuk dipahami, guna meningkatkan jumlah aset kripto yang didistribusikan, perusahaan sudah melakukan konversi hampir US$250 juta dari altcoin menjadi Bitcoin (BTC) maupun Ether (ETH). Kebangkrutan yang melanda Celsius ikut menyeret mantan CEO perusahaan, Alex Mashinsky, yang didakwa atas berbagai tuduhan penipuan keuangan.

Mashinsky disebut bertanggung jawab atas manipulasi harga token CEL. Oleh karena itu, beberapa aset diperintahkan untuk dibekukan oleh pengadilan, termasuk seluruh dana yang terdapat di 4 rekening Goldman Sachs, aset yang tersimpan di rekening Merrill Lynch, dana di perusahaan sekuritas First Republic atas nama Alexander Mashinsky dan Kristine Meehan, seluruh dana yang ada di akun SoFi Bank dan SoFi Securities, serta properti yang berada di wilayah Texas yang dibeli oleh Mashinsky dan istrinya pada 10 Juni 2021 silam.

Bagaimana pendapat Anda distribusi aset yang dilakukan Celsius ini? Yuk, sampaikan pendapat Anda di grup Telegram kami. Jangan lupa follow akun Instagram dan Twitter BeInCrypto Indonesia, agar Anda tetap update dengan informasi terkini seputar dunia kripto!

Penyangkalan

Seluruh informasi yang terkandung dalam situs kami dipublikasikan dengan niat baik dan bertujuan memberikan informasi umum semata. Tindakan apa pun yang dilakukan oleh para pembaca atas informasi dari situs kami merupakan tanggung jawab mereka pribadi.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *