Meme Coin Pepe (PEPE) Terancam Turun 28%, Ini Penyebabnya

banner 120x600
banner 468x60

Meme coin bertema katak, PEPE, telah diperdagangkan di dalam pola falling wedge sejak tanggal 27 Mei. Saat ini, harganya berada di kisaran US$0,0000077 yang memperlihatkan penurunan sebesar 52% selama periode tersebut.

Harga PEPE berpotensi melorot lebih dalam. Sebab, posisinya saat ini berada di ambang untuk tergelincir ke bawah garis bawah dari pola falling wedge, yang akan menandakan kelanjutan tren turun.

banner 325x300

Pepe Coba Bidik Level Terendah Baru

Pola falling wedge sendiri terbentuk ketika harga suatu aset bergerak di antara dua garis tren menurun. Garis tren atas berfungsi sebagai resistance, sementara garis tren bawah bertindak sebagai support.

Biasanya, meskipun terjadi tren turun di dalam pola wedge, pola ini dianggap bullish karena harga seringkali menembus ke atas garis tren atas setelah selesai, yang bisa mengantarkan pada pergerakan naik.

Namun, PEPE mungkin menjadi pengecualian. Sejak 25 Agustus, harga meme coin ini telah berada dalam tren turun. Harganya tercatat sudah turun 15% dan mendorongnya semakin dekat ke garis bawah dari pola falling wedge.

Analisis Harga PEPE | Sumber: TradingView

Ketika harga aset terjatuh ke bawah garis tren bawah dari pola falling wedge, hal ini membatalkan proyeksi bullish yang biasanya terkait dengan pola ini dan menunjukkan bahwa tren turun mungkin berlanjut.

Setelan teknikal PEPE mendukung kemungkinan ini. Altcoin ini telah jatuh di bawah moving average, diperdagangkan di bawah exponential moving average (EMA) 20 hari dan simple moving average (SMA) 50 hari.

Adapun EMA 20 hari mencerminkan harga rata-rata aset selama 20 hari perdagangan terakhir. Sementara SMA 50 hari melacak harga penutupan rata-rata selama 50 hari terakhir. Ketika harga aset berada di bawah MA ini, tandanya momentum sedang melemah dan kemungkinan tren turun bakal berlanjut akibat meningkatnya tekanan jual.

Jika PEPE berbalik arah dan memulai tren naik, MA ini akan bertindak sebagai resistance, berpotensi menyeret meme coin pada koreksi harga berikutnya.

Baca Juga: Prediksi Harga Koin Pepe Melonjak 7%, Wall Street Memes Juga Menguat

pepe 20-day ema and 50-day sma/ RSI
Analisis Harga PEPE | Sumber: TradingView

Selain itu, Relative Strength Index (RSI) PEPE tetap berkitar di bawah garis netralnya dan telah berada di posisi ini selama nyaris satu bulan selama bulan lalu. RSI sendiri berguna mengukur apakah aset overbought (jenuh beli) atau oversold (jenuh jual).

Dengan nilai 43,13 dan menurun saat ini, RSI PEPE menunjukkan aktivitas beli yang rendah di kalangan pelaku pasar.

Semua Bergantung pada Bull

Sentimen bearish yang mengitari PEPE juga diperkuat oleh sentimen tertimbang negatifnya, yang saat ini bertengger di -0,76.

Nilai sentimen tertimbang di bawah nol artinya seluruh diskusi yang terjadi di dunia maya tentang aset ini sebagian besar negatif. Kondisi ini umumnya menandakan penurunan harga aset yang berkelanjutan.

pepe weighted sentiment
Sentimen Tertimbang PEPE | Sumber: Santiment

Jika para bull PEPE gagal mempertahankan garis bawah dari pola falling wedge, harga meme coin ini berpotensi turun ke rekor terendah 5 Agustus di angka US$0,0000059. Ini akan mewakili penurunan 28% dari harganya saat ini.

Baca Juga: 3 Meme Coin Ini Comeback, Termasuk PEPE dan CATDOG

pepe price prediction
Analisis Harga PEPE | Sumber: TradingView

Namun, jika tren saat ini justru berbalik dan PEPE mampu melanjutkan tren naiknya, harganya bisa terdongkrak naik ke US$0,0000086.

Bagaimana pendapat Anda tentang risiko penurunan harga meme coin Pepe (PEPE) ini? Yuk, sampaikan pendapat Anda di grup Telegram kami. Jangan lupa follow akun Instagram dan Twitter BeInCrypto Indonesia, agar Anda tetap update dengan informasi terkini seputar dunia kripto!

Penyangkalan

Seluruh informasi yang terkandung dalam situs kami dipublikasikan dengan niat baik dan bertujuan memberikan informasi umum semata. Tindakan apa pun yang dilakukan oleh para pembaca atas informasi dari situs kami merupakan tanggung jawab mereka pribadi.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *