Membanggakan, PIK-R Tunas Harapan Rambipuji Jember Raih Terbaik 1 se-Jawa Timur – BeritaNasional.ID

banner 120x600
banner 468x60

BeritaNasional.ID, JEMBER JATIM – Membanggakan, PIK-R Tunas Harapan Desa /Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember meraih predikat Terbaik 1 dalam lomba PIK-R Percontohan segmentasi usia 20 sampai 24 tahun Provinsi Jawa Timur.

Hebatnya, PIK-R Tunas Harapan dibentuk pada bulan Januari 2024, baru berusia 5 bulan. Namun prestasinya cukup membanggakan: Terbaik 1 se-Jawa Timur. Lomba tersebut digelar tanggal 6 Mei 2024 oleh BKKBN Provinsi Jawa Timur secara online.

banner 325x300

PIK-R adalah kepanjangan dari Pusat Informasi dan Konseling Remaja, yaitu sebagai wadah kegiatan program Generasi Berencana (GenRe) yang dikelola oleh, dari, dan untuk remaja. Menurut Ketua PIK-R Tunas Harapan Desa Rambipuji, Uswatun Hasanah, dalam lomba ini ada beberapa yang dinilai, di antaranya adalah foto profil PIK-R, berkas dan dokumentasi, kegiatan yang dilaksanakan, partisipasi anggota dan peserta dalam kegiatan, dan pengetahuan tentang PIK-R.

“Alhamdulillah, bisa memberikan yang terbaik untuk Jember,” ujarnya di kediamannya, Selasa (18/6/2024). Tidak gampang untuk memperoleh predikat Tebaik 1. Pasalnya, persentase berasal dari seluruh Jawa Timur. Lomba didahului dengan pengiriman berkas dan video profil.

Jika tahap ini lolos, maka dilanjutukan dengan sesi wawancara. “Yang lolos tes wawancara 20 PIK-R. Hasil wawancara ditentukan juaranya. PIK-R Tunas Harpan juara 1. Sedangkan terbaik 2, diraih PIK-R Kecamatan Surabaya,” urai Uswa, sapaan akranya.

Mahasiswi semester 4 Program Studi Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah UIN KHAS Jember ini mengakui, sejak SMP dirinya sudah tergabung ke dalam sebuah PIK-R. Selama tergabung dalam PIK-R ia mengaku mendapatkan informasi yang awalnya tidak tahu menjadi tahu, seperti informasi tentang kesehatan reproduksi, anemia, perkembangan remaja, usia ideal menikah, merencanakan masa depan dan masih sebagainya.

“Dari PIK-R ini, saya mendapatkan banyak manfaat yang bisa diterapkan dalam kehidupan saya. Saya juga ingin teman-teman yang lain mendapatkan manfaat dari PIK-R, dan kehidupan remaja,” tuturnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perlindungan Perempuan dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kabupaten Jember dr. Hendro Soelistijono lewat sekretarisnya, Poerwahjoedi memberikan apresiasi atas prestasi yang diraih PIK-R Tunas Harapan, lebih karena skala lombanya adalah level provinsi

“Alhamdulillah PIK-R Tunas Harapan Desa Rambipuji mendapat juara pertama untuk PIK-R Percontohan usia 20 sampai 24 tahun tingkat Provinsi Jawa Timur,” ucapnya. Poerwahjoedi menyatakan dirinya tidak menduga bahwa PIK-R Tunas Harapan yang masih belia, namun sudah mampu meraih prestasi.

Ia mengaku masih ingat saat dirinya menandatangani sertifikat penghargaan terbentuknya PIK-R itu pada tanggal 8 Januari 2020. “Kerja kerasnya membuahkan hasil,” pungkasnya (AAR/Bernas)

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *