Media Vietnam Bocorkan 3 Kelemahan Timnas Indonesia U-19

banner 120x600
banner 468x60

loading…

banner 325x300

Media Vietnam memantik emosi penggemar Timnas Indonesia U-19 jelang laga final Piala AFF U-19 2024 melawan Thailand U-19 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Senin (29/7/2024) / Foto: PSSI

SURABAYA – Media Vietnam memantik emosi penggemar Timnas Indonesia U-19 jelang laga final Piala AFF U-19 2024 melawan Thailand U-19 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Senin (29/7/2024). Ini terjadi lantaran mereka membocorkan kelemahan anak asuh bIndra Sjafri.

Pertama, lini serang Skuad Garuda Nusantara tidak tajam kendati cetak 14 gol di fase grup. “Yang pertama adalah kemampuan Indonesia U19 untuk mencetak gol. Di babak grup, mencetak 14 gol dalam tiga pertandingan. Tapi itu karena tiga lawan, Filipina, Timor Leste, dan Kamboja, semuanya lemah, dan pertahanannya longgar,” tulis Soha dalam artikelnya.

“Pada semifinal melawan Malaysia, Indonesia U19 menunjukkan keterbatasan dalam memanfaatkan peluang. Statistik menunjukkan bahwa Indonesia U19 mencetak 14 tembakan ke arah Malaysia, dengan hanya satu gol yang mencetak gol. Ketidakmampuan para striker terlihat jelas di lapangan,” sambungnya.

Kemudian mereka juga menyoroti Timnas Indonesia U-19 yang kerap kalah duel udara ketika menghadapi Malaysia U-19 di babak semifinal. Selain itu, penguasaan bola Skuad Garuda Nusantara juga mendapat sorotan. Menurut Soha, Thailand U-19 punya banyak kelebihan ketimbang Jens Raven cs.

“Kelemahan kedua Indonesia U19 adalah kemungkinan keterlibatan bola. Statistik menunjukkan bahwa dalam pertandingan melawan Malaysia, kedua tim punya 11 duel udara. Mereka hanya menang 4, sementara Malaysia 7. Perselisihan bola yang buruk merupakan risiko bagi Indonesia U19 saat menghadapi Thailand di final, termasuk situasi tetap,” paparnya.

“Ketiga adalah kemampuan untuk menguasai bola. Statistik pada pertandingan semifinal melawan Malaysia, Indonesia hanya memiliki 40 persen sedangkan Malaysia 60 persen. Ingat, Thailand lebih kuat dalam hal mengontrol bola. Mereka memiliki gaya permainan yang bagus, teknik, dan permainannya sangat kohesif,” lanjut Soha.

Tak hanya kelemahan saja yang dibocorkan media Vietnam tersebut. Mereka juga menuding Indonesia U-19 cuma modal menang kandang saja dan Arkhan Kaka dkk dinilai bakal kesulitan menghadapi Thailand U-19 di final Piala AFF U-19

“Pada dasarnya, Indonesia U19 hanya memiliki keunggulan dibandingkan Thailand karena bermain di kandang. Dengan segala kelemahan itu, Indra Sjafri harus khawatir. Jika Indonesia menyerahkan gelar juara kepada Thailand, itu sama sekali tidak mengejutkan,” imbuh Soha.

(yov)

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *