Kapitalisasi Pasar Meme Coin PolitiFi Terbang 782%

banner 120x600
banner 468x60

Barisan meme coin bertema politik, PolitiFi, berhasil mendapatkan sentimen positif dari musim politik di Amerika Serikat (AS). Riset yang dilakukan CoinGecko memperlihatkan sejak awal Januari sampai dengan 25 Agustus lalu, kapitalisasi pasar meme coin PolitiFi terbang 782,4% ke level US$680,8 juta.

Meski begitu, jika dilihat secara luas, kontribusi meme coin PolitiFi pada pangsa pasar meme coin secara keseluruhan masih relatif kecil, hanya mencapai 1,5% dari total kapitalisasi pasar sektor meme coin yang sebesar US$45,6 miliar.

banner 325x300

ConstitutionDAO (PEOPLE) menjadi koin PolitiFi terbesar berdasarkan market cap, dengan nilai mencapai US$385,6 juta. Sejak awal tahun ini, token PEOPLE sudah mengalami apresiasi hampir 500%, dari US$64,9 juta menjadi US$385,6 juta.

Kapitalisasi Pasar PolitiFi | Sumber: CoinGecko

Hal itu menarik karena token PEOPLE, yang mulanya dimaksudkan sebagai sarana penggalangan dana untuk pembelian salinan asli konstitusi Amerika Serikat (AS), tidak berhasil mencapai tujuannya lantaran kalah dalam penawaran sebesar US$43,2 juta.

“MAGA (TRUMP) adalah koin PolitiFi terbesar kedua, dengan kapitalisasi pasar sebesar US$178,9 juta. Token ini mencatatkan kenaikan 1.350,9% sejak awal tahun 2024,” jelas CoinGecko.

Baca Juga: Kondisi Geopolitik Memanas, Saatnya Beralih ke Bitcoin?

Meningkatnya Minat pada Politik Juga Jadi Katalis

Selain ditopang oleh musim politik, meningkatnya minat investor pada ruang politik AS juga menjadi salah satu alasan melesatnya popularitas PolitiFi. Ditambah lagi, terdapat beberapa peristiwa politik yang ternyata ikut memengaruhi pergerakan salah satu jenis meme coin tersebut.

Salah satu contohnya, pada 30 Mei lalu, ketika Donald Trump dinyatakan bersalah atas 34 tuduhan pembayaran uang tutup mulut. Kondisi itu membuat token MAGA (TRUMP) mengalami peningkatan 22,3%, sementara token Jeo Boden (BODEN) malah mencatatkan koreksi 11,4%.

Selain itu, pada 13 Juli, saat terjadi insiden upaya pembunuhan terhadap Donald Trump, beberapa token seperti MAGA (TRUMP) dan Doland Tremp (TREMP) langsung memperlihatkan penguatan masing-masing sebesar 41,2% dan 63,7%.

Kondisi tersebut menjadi bukti bahwa aktivitas yang terjadi di dunia nyata dapat secara signifikan memengaruhi pergerakan meme coin di industri kripto.  

Bagaimana pendapat Anda tentang peningkatan kapitalisasi pasar meme coin PolitiFi ini? Yuk, sampaikan pendapat Anda di grup Telegram kami. Jangan lupa follow akun Instagram dan Twitter BeInCrypto Indonesia, agar Anda tetap update dengan informasi terkini seputar dunia kripto!

Penyangkalan

Seluruh informasi yang terkandung dalam situs kami dipublikasikan dengan niat baik dan bertujuan memberikan informasi umum semata. Tindakan apa pun yang dilakukan oleh para pembaca atas informasi dari situs kami merupakan tanggung jawab mereka pribadi.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *