Jaminan 12.000 Bitcoin Dicabut dari USDD, Ini Kata Justin Sun

banner 120x600
banner 468x60

Tron DAO Reserve dikabarkan telah menarik dukungan sebanyak 12.000 Bitcoin (BTC) atau US$730 juta sebagai jaminan untuk stablecoin Decentralized USD (USDD). Hal itu memantik spekulasi dari komunitas bahwa Justin Sun, tokoh di balik ekosistem Tron, terlibat dalam proses tersebut.

banner 325x300

Salah satu anggota komunitas memposting di akun X/Twitter dan menyatakan Sun secara diam-diam telah menghapus belasan ribu BTC sebagai agunan USDD. Saat ini, stablecoin tersebut didukung sepenuhnya oleh Tron.

Menanggapi kabar tersebut, anggota komunitas lainnya menyebutkan kondisi tersebut merupakan salah satu bentuk pencurian. Sebab, itu artinya Sun telah mencabut agunan tanpa melibatkan konsensus dan juga pemungutan suara dari Tron DAO Reserve.

“USDD yang didukung penuh oleh TRX bagi kami adalah bernilai nol,” jelasnya.

Mengacu pada laman resmi, saat ini USDD memiliki cadangan senilai US$1,71 miliar, yang terdiri dari 10.929.607.339 token TRX dan 19.009.506 USDT. Sementara pada perdagangan hari ini, terdapat sekitar US$744,3 juta token USDD yang beredar, sehingga rasio jaminan USDD menjadi 229,5%.

Baca Juga: Tether Siap Luncurkan Stablecoin Anyar yang Dipatok ke Mata Uang Dirham UEA (AED)

Justin Sun Sebut Tingkat Pemanfaatan Modal Sudah Tidak Terlalu Efisien

Secara terpisah, Sun menjelaskan ketika agunan sudah melebihi jumlah yang ditentukan oleh sistem—biasanya berkisar antara 120% hingga 150%—setiap pemegang agunan bisa menarik agunan dengan jumlah berapa pun tanpa harus mendapatkan persetujuan siapa pun.

“Saat ini, USDD memiliki tingkat agunan jangka panjang yang melebihi 300%, artinya pemanfaatan modal tidak terlalu efisien,” beber Sun.

Lebih lanjut, ia juga memaparkan bahwa TRON DAO Reserve berencana untuk meningkatkan USDD sebagai stablecoin terdesentralisasi yang lebih kompetitif di pasar.

Sebagai catatan, stablecoin USDD awalnya merupakan algorithmic stablecoin yang dimaksudkan untuk menyaingi token Terra USD (UST). Namun, seiring perkembangannya, model USDD telah mengalami perubahan dengan menjadikan Bitcoin, USDT, TRX, dan USDC sebagai jaminan untuk menjaga stabilitasnya.

Berdasarkan data CoinGecko, posisi USDD saat ini berada di peringkat ke-7 untuk stablecoin terbesar di dunia, berada di bawah First Digital USD (FDUSD) dan PayPal USD (PYUSD).

Bagaimana pendapat Anda tentang jaminan Bitcoin yang dicabut dari USDD ini? Yuk, sampaikan pendapat Anda di grup Telegram kami. Jangan lupa follow akun Instagram dan Twitter BeInCrypto Indonesia, agar Anda tetap update dengan informasi terkini seputar dunia kripto!

Penyangkalan

Seluruh informasi yang terkandung dalam situs kami dipublikasikan dengan niat baik dan bertujuan memberikan informasi umum semata. Tindakan apa pun yang dilakukan oleh para pembaca atas informasi dari situs kami merupakan tanggung jawab mereka pribadi.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *