Jadi Tempat Terdingin, Ini 5 Wilayah di Indonesia yang Pernah Turun Salju

banner 120x600
banner 468x60

loading…

Setidaknya ada lima wilayah di Indonesia yang pernah turun salju karena menjadi tempat terdingin. Indonesia dikenal dengan iklim tropisnya yang panas. Foto/Blibli

banner 325x300
JAKARTA – Setidaknya ada lima wilayah di Indonesia yang pernah turun salju karena menjadi tempat terdingin . Indonesia sendiri dikenal dengan iklim tropisnya yang menyebabkan udara cenderung panas dan lembab sepanjang tahun.

Meskipun jarang terjadi, ada beberapa wilayah di Indonesia yang pernah turun salju . Fenomena ini disebabkan beberapa hal. Salah satunya perubahan iklim dan suhu sangat rendah sehingga menyebabkan salju turun dan cuaca yang dingin.

Turunnya salju di Indonesia adalah fenomena yang sangat langka dan menarik. Tempat-tempat ini menawarkan pemandangan alam yang luar biasa dan menunjukkan betapa beragamnya iklim serta topografi Indonesia.

Berikut adalah lima wilayah di Indonesia yang pernah turun salju seperti dirangkum dari berbagai sumber, Senin (24/6/2024).

5 Wilayah di Indonesia yang Pernah Turun Salju

1. Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah

Foto/Wikipedia

Dieng, yang terletak di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, terkenal dengan udaranya yang dingin dan kabut tebal. Pada musim kemarau, suhu di Dieng bisa mencapai -5 derajat celsius, dan pada tahun 2022, salju tipis pernah turun di kawasan ini. Fenomena ini juga dikenal sebagai embun es.

2. Puncak Sumantri Brodjonegoro

Jadi Tempat Terdingin, Ini 5 Wilayah di Indonesia yang Pernah Turun Salju

Foto/Wikipedia

Puncak Sumantri Brodjonegoro adalah gunung tertinggi kedua di Indonesia dengan ketinggian 4.876 meter di atas permukaan laut (Mdpl). Sama seperti Puncak Jaya Wijaya, Puncak Sumantri Brodjonegoro juga selalu tertutup salju abadi. Puncak ini terletak di dalam Taman Nasional Lorentz yang merupakan salah satu taman nasional terluas di Asia Tenggara.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *