Ini Dia 3 Altcoin Top Gainer di Pekan Ketiga Agustus 2024

banner 120x600
banner 468x60

Pekan ketiga Agustus 2024 membawa kejutan bagi pasar kripto. Pasalnya, beberapa altcoin yang muncul sebagai top gainer adalah token yang sebelumnya sempat menderita kerugian parah.

Menariknya, banyak altcoin di dalam daftar top 100 berdasarkan kapitalisasi pasar menutup minggu ini dengan candlestick hijau. Berikut adalah 3 altcoin dengan performa harga terbaik (top gainer), faktor-faktor yang memacu kenaikan mereka, dan prospek ke depannya.

banner 325x300

Polygon (MATIC)

Jumat (19/8) lalu, harga Polygon (MATIC) masih bertengger di US$0,40. Namun kini, token ini telah melejit 32,50% dalam 7 hari terakhir, mencapai US$0,53. Prestasi ini menjadikannya salah satu altcoin top gainer minggu ini.

Kebangkitan impresif MATIC ini kemungkinan terkait dengan meningkatnya akumulasi oleh whale. Biasanya, ketika terjadi aksi beli besar-besaran oleh whale, harga aset kripto cenderung meroket. Dan itulah yang terjadi pada harga MATIC sekarang. Terlebih, antisipasi seputar migrasi token ke POL yang akan datang bisa jadi telah menyulut bangkitnya permintaan serta optimisme.

Secara teknikal, breakout MATIC mendapat sokongan dari menetasnya falling wedge. Falling wedge adalah pola bullish di mana dua garis tren yang menukik—mewakili lower high dan lower low—bertemu. Ketika kalangan pembeli mulai memperlambat koreksi, terjadilah tren reversal, sama halnya dengan yang terjadi pada MATIC.

Indikator Moving Average Convergence Divergence (MACD) juga memancarkan sinyal positif, mengonfirmasi momentum naik. Adapun MACD, indikator tren dan momentum, terpantau sedang memancarkan sinyal momentum bullish ketika berkitar di zona positif. Sehingga, temuan ini mendukung rebound harga yang sedang berlangsung.

Baca Juga: 3 Altcoin Incaran Crypto Whale untuk Potensi Profit di Pekan Ketiga Agustus 2024

Analisis Harian Polygon | Sumber: TradingView

Jika tren ini berlanjut, MATIC bisa melanjutkan reli menuju US$0,56. Setelah terlaksananya migrasi POL pada 4 September nanti, lonjakan lebih lanjut menuju US$0,672 berpeluang terjadi. Akan tetapi, jika agenda ini justru memicu reaksi “sell the news“, harga MATIC berisiko terjun ke US$0,46.

Artificial Superintelligence Alliance (FET)

Setelah beberapa minggu menelan kerugian, harga FET akhirnya berhasil melesat naik 26% dalam 7 hari belakangan. Raihan ini pula yang membantunya masuk ke dalam daftar top gainer ini. Pada 3 Agustus, token ini sempat merosot ke bawah US$1 meski ada optimisme terkait merger dengan Artificial Superintelligence Alliance.

Adapun tahap awal merger ini memang tidak mudah. Namun, melonjaknya akumulasi sejak tahap terakhir bermula telah menjadi katalis utama dalam reli harga baru-baru ini.

FET saat ini berkitar di level US$1,07, dan lonjakan harga belakangan ini kemungkinan terpacu oleh derasnya arus modal. Pada grafik harian, Money Flow Index (MFI) berkitar di level tertinggi sejak awal Agustus. Kenaikan ini bermakna reli harga didukung oleh volume beli yang signifikan, mencerminkan minat serta partisipasi pasar yang kuat.

Analisis Harian FET.
Analisis Harian FET | Sumber: TradingView

Jika tren ini berlanjut, harga altcoin bisa menorehkan kenaikan kumulatif 69% dari level support bullish US$0,78. Namun, token ini juga menghadapi potensi resistance di US$1,15. Seumpama bull gagal menembus zona ini, harga FET bisa terpelanting jatuh ke US$0,92.

BitTorrent (BTT)

BitTorrent (BTT), aset kripto yang dirancang untuk mendukung jaringan berbagi data peer-to-peer (P2P) terbesar yang terdesentralisasi, berhasil melantai di daftar altcoin top gainer pekan ini. Lonjakan harga koin ini utamanya terkait dengan kinerja yang lebih luas dari kripto-kripto yang terkait dengan Justin Sun.

Sun, sang pendiri blockchain Tron, pertama kali mengakuisisi BitTorrent pada tahun 2018 silam. Sejak saat itu pula, harga BTT kerap merefleksikan perkembangan yang melibatkan Sun. Kali ini, peluncuran SunPump, ledakan harga meme coin di jaringan Tron, dan reli harga TRX berkontribusi pada performa perkasa BTT. Pada tanggal 21 Agustus, volume perdagangan BTT tercatat meroket lebih dari 200%, menandakan kembalinya minat pada token ini.

Saat ini, BTT diperdagangkan seharga US$0,00000093, level tertinggi sejak 16 Juni. Sementara 2 hari yang lalu, BTT sempat menyentuh US$0,0000010, mencapai zona pasokan historis signifikan yang butuh tekanan beli substansial agar bisa ditembus. Namun, sebagaimana yang terlihat pada grafik harian, kalangan bull gagal mempertahankan momentum di level tersebut, alhasil bermuara pada penolakan.

Relative Strength Index (RSI) juga mencapai ambang batas overbought (jenuh beli) di 70,00, yang memicu koreksi harga. RSI adalah indikator kunci yang mengukur momentum pasar dan mengidentifikasi kondisi overbought atau oversold (jenuh jual).

Baca Juga: 3 Altcoin Incaran Crypto Whale untuk Potensi Profit di Pekan Ketiga Agustus 2024

Analisis Harian BitTorrent.
Analisis Harian BitTorrent | Sumber: TradingView

Sebagai catatan, nilai RSI di bawah 30,00 pada Relative Strength Index (RSI) menunjukkan bahwa sebuah aset berada dalam kondisi oversold. Sementara nilai di atas 70,00, tandanya kondisi yang terekam adalah overbought. Di samping itu, Cumulative Volume Delta (CVD), yang melacak tekanan beli dan jual, juga mengatakan penjual saat ini mendominasi pasar.

Jika tren ini berlanjut, harga BTT bisa tergelincir ke area US$0,00000085. Namun, sentimen bullish yang mengitari altcoin terkait Sun mungkin mampu mengubah situasi, berpotensi mengerek naik harga token ini menuju US$0,00000098.

Bagaimana pendapat Anda tentang 3 altcoin top gainer pekan ini? Yuk, sampaikan pendapat Anda di grup Telegram kami. Jangan lupa follow akun Instagram dan Twitter BeInCrypto Indonesia, agar Anda tetap update dengan informasi terkini seputar dunia kripto!

Penyangkalan

Seluruh informasi yang terkandung dalam situs kami dipublikasikan dengan niat baik dan bertujuan memberikan informasi umum semata. Tindakan apa pun yang dilakukan oleh para pembaca atas informasi dari situs kami merupakan tanggung jawab mereka pribadi.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *