ETF Bitcoin dan Ethereum Capai Puncak Multi-Minggu di Tengah Pemulihan Aset Kripto

banner 120x600
banner 468x60

ETF Bitcoin dan Ethereum mencatatkan arus masuk tertinggi dalam beberapa minggu pada sesi yang berakhir Jumat, 27 September. Hal ini terjadi di tengah pembicaraan berkelanjutan tentang pemulihan pasar aset kripto.

Dengan catatan pengembalian yang kurang diinginkan pada bulan September, mengingat secara historis merupakan bulan dengan performa terburuk untuk Bitcoin, pasar mengharapkan keberuntungan yang lebih baik pada Oktober saat bulan ini hampir berakhir.

banner 325x300

Arus Masuk ETF Aset Kripto Mencapai Puncak Beberapa Minggu

Investor aset kripto membeli 7.526 Bitcoin (BTC) dan 22.310 Ethereum (ETH) pada hari Jumat, menghasilkan arus masuk bersih sebesar US$494,4 juta dan US$58,7 juta untuk ETF Bitcoin dan Ethereum, masing-masing.

Spotonchain, sebuah alat wawasan on-chain, melaporkan bahwa arus masuk ini melonjakkan total arus mingguan ke level yang terakhir terlihat beberapa minggu lalu. Secara spesifik, ETF Bitcoin (BTC) mencatat total US$1,11 miliar dalam arus positif, menandai arus masuk mingguan terbesar sejak 19 Juli.

Di sisi lain, ETF Ethereum (ETH) mencatat hingga US$84,6 juta dalam total arus masuk antara Senin dan Jumat, arus masuk mingguan terbesar sejak 9 Agustus.

Arus ETF Bitcoin dan Ethereum Minggu Ini. Sumber: Spotonchain

Baca lebih lanjut: Cara Berdagang ETF Bitcoin: Pendekatan Langkah demi Langkah

Data dari Farside Investors memperkuat laporan tersebut. Ini menunjukkan ETF IBIT dari BlackRock memimpin arus masuk harian, kecuali Senin, di mana mencatat US$11,5 juta, dibandingkan dengan FBTC dari Fidelity yang mencatat US$24,9 juta dalam arus positif.

Sejak debutnya di pasar AS pada Januari 2024, ETF Bitcoin spot telah menjadi magnet bagi investor institusional. Mereka menawarkan inklusi portofolio Bitcoin langsung, menghindari tantangan pembelian langsung dan penyimpanan yang aman.

Seperti yang dilaporkan BeInCrypto, lebih dari 1.000 investor institusional bergabung hanya dalam dua periode pengajuan 13F. Ini menyoroti bagaimana respons pasar terhadap ETF BTC sangat positif.

Sementara itu, di pasar ETF ETH, semua penerbit kesulitan karena instrumen keuangan ini terus berkinerja buruk. Namun, mengumpulkan arus positif untuk kedua pasar tidaklah mudah.

Hal ini terjadi saat investor terus bertaruh pada pemulihan pasar aset kripto, dengan Bitcoin bertahan di atas US$65.500.

Performa Harga BTC
Performa Harga BTC. Sumber: BeInCrypto

Kekuatan harga Bitcoin erat kaitannya dengan indikator ekonomi makro yang menunjukkan peningkatan likuiditas. Keadaan seperti ini sering menguntungkan Bitcoin karena sensitivitasnya terhadap perubahan likuiditas. Sebagai permulaan, China sedang mempertimbangkan bantuan fiskal bagi warganya di tengah ekonomi yang sedang kesulitan. Demikian pula, Federal Reserve AS baru-baru ini memotong suku bunga, yang seringkali baik bagi aset berisiko.

Berbagai ekonom telah mengomentari tentang likuiditas yang meningkat, termasuk peneliti makro Julien Bittel.

“Likuiditas kembali meningkat, dan Bitcoin – yang sangat sensitif terhadap perubahan kondisi likuiditas – memiliki potensi untuk bergerak secara eksplosif saat likuiditas baru mengalir ke sistem. Lingkungan makro sedang bergeser. Gelombang likuiditas besar kini di cakrawala, dan saat itu tiba, Bitcoin tampaknya siap untuk dorongan kuat lebih tinggi di Q4,” kata Bittel.

Demikian pula, Global Money Index (GMI) juga menunjukkan peningkatan likuiditas. Metrik ini mengukur volume uang yang beredar di antara konsumen dan bank.

Baca lebih lanjut: Prediksi Harga Bitcoin (BTC) 2024/2025/2030

Indeks Uang Global
Indeks Uang Global. Sumber: Global Macro Investor

Peningkatan GMI biasanya menandakan lebih banyak dana yang beredar dan siap untuk dibelanjakan. Ini bisa menyebabkan peningkatan pembelian Bitcoin.

Penyangkalan

Seluruh informasi yang terkandung dalam situs kami dipublikasikan dengan niat baik dan bertujuan memberikan informasi umum semata. Tindakan apa pun yang dilakukan oleh para pembaca atas informasi dari situs kami merupakan tanggung jawab mereka pribadi.
Selain itu, sebagian artikel di situs ini merupakan hasil terjemahan AI dari versi asli BeInCrypto yang berbahasa Inggris.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *