ETF Bitcoin (BTC) Alami Arus Keluar Saat Koin Terjun ke Titik Terendah Mingguan

banner 120x600
banner 468x60

Pada hari Selasa, exchange-traded fund (ETF) Bitcoin (BTC) mengalami arus bersih negatif pertama dalam tujuh hari. Hal ini terjadi di tengah penurunan aktivitas pasar yang menyebabkan harga koin utama ini merosot ke titik terendah mingguannya.

Saat ini, Bitcoin diperdagangkan pada US$66.776, menunjukkan penurunan harga 2% selama minggu lalu. Dengan sentimen bearish yang terus meningkat terhadap koin tersebut, holder mungkin perlu bersiap untuk kemungkinan kerugian lebih lanjut.

banner 325x300

ETF Bitcoin Catat Arus Keluar

Data dari SosoValue menunjukkan bahwa ETF Bitcoin spot mengalami arus keluar bersih sebesar US$79,09 juta pada hari Selasa, memutuskan rangkaian tujuh hari berturut-turut arus masuk yang totalnya lebih dari US$2 miliar.

Baca Juga: 7 Platform Teratas untuk Mendapatkan Bonus Pendaftaran Bitcoin pada 2024

Total Bitcoin Spot ETF Net Inflow | Sumber: SosoValue

Arus negatif pada hari Selasa terutama disebabkan oleh arus keluar US$134 juta dari ARK 21Shares Bitcoin ETF, sementara produk ETF lainnya melihat arus masuk atau tidak mencatat aktivitas. Selain itu, penyedia ETF terbesar berdasarkan aset yang dikelola, iShares Bitcoin ETF dari BlackRock, mencatat arus masuk US$43 juta, turun signifikan dari US$329 juta pada hari sebelumnya.

Penurunan permintaan institusional ini sebagian besar dikaitkan dengan penurunan nilai Bitcoin baru-baru ini. Selama minggu lalu, aset kripto ini telah turun 2%, mencapai titik harga terendahnya dalam tujuh hari terakhir pada saat publikasi.

Penilaian BeInCrypto terhadap indikator momentumnya telah mengungkapkan pertumbuhan bertahap dalam sentimen bearish terhadap koin utama. Misalnya, pembacaan dari Moving average convergence/divergence (MACD) menunjukkan garis MACD (biru) siap untuk melintasi di bawah garis trennya (oranye).

Bitcoin MACD.
Bitcoin MACD | Sumber: TradingView

Indikator ini mengukur tren harga dan momentum aset serta mengidentifikasi sinyal beli atau jual potensial. Ketika disetel seperti ini, itu mengonfirmasi peningkatan tekanan jual di pasar. Persilangan potensial menunjukkan bahwa momentum harga aset melemah, dan tren menurun atau koreksi bisa mengikuti.

Prediksi Harga BTC: Koin Hanya Memiliki Dua Pilihan

Harga Bitcoin sedang menuju ke rata-rata pergerakan eksponensial (EMA) 20-harinya, yang mengukur harga rata-ratanya selama 20 hari perdagangan terakhir.

Bitcoin 20-Day EMA.
Bitcoin 20-Day EMA | Sumber: TradingView

Ketika harga aset turun menuju level ini, itu menunjukkan bahwa aset tersebut sedang mengalami koreksi namun mungkin menemukan dukungan di sekitar EMA 20-hari. Jika harga gagal bertahan di atas EMA 20-hari dan jatuh di bawahnya, ini sangat meningkatkan kemungkinan pembalikan tren. Ini menunjukkan bahwa sentimen bearish tumbuh, dan penurunan lebih lanjut mungkin mengikuti.

Saat ini, Bitcoin diperdagangkan pada US$66,776. Ini hanya di atas level resistance sebelumnya sebesar US$64,543, yang baru-baru ini diubah menjadi dukungan.

Jika sentimen bearish yang tumbuh menyebabkan dukungan ini gagal saat retest, harga Bitcoin bisa turun menuju dukungan utama berikutnya di US$61,686. Jika bear BTC berhasil menembus level ini, harga bisa terjun lebih jauh ke US$58,828.

Baca Juga: Prediksi Harga Bitcoin (BTC) 2024/2025/2030

Bitcoin Price Analysis.
Analisis Harga Bitcoin | Sumber: TradingView

Namun, jika sentimen pasar membaik dan momentum bullish terbangun, Bitcoin bisa reli menuju US$68,612. Jika berhasil melewati resistance ini, BTC berpotensi untuk mencapai rekor tertinggi sebelumnya sebesar US$73,794.

Penyangkalan

Seluruh informasi yang terkandung dalam situs kami dipublikasikan dengan niat baik dan bertujuan memberikan informasi umum semata. Tindakan apa pun yang dilakukan oleh para pembaca atas informasi dari situs kami merupakan tanggung jawab mereka pribadi.
Selain itu, sebagian artikel di situs ini merupakan hasil terjemahan AI dari versi asli BeInCrypto yang berbahasa Inggris.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *