Bitcoin Menghadapi Tekanan Jual dari Investor Institusional AS pada Oktober

banner 120x600
banner 468x60

Bitcoin (BTC) sedang berada di sekitar US$62.000, terjebak dalam keseimbangan sementara antara kekuatan bullish dan bearish. Data menunjukkan bahwa Bitcoin masih di bawah tekanan jual dari investor institusional AS.

Tekanan ini telah menahan momentum Bitcoin pada Oktober.

banner 325x300

Indeks Premium Coinbase Tetap Negatif

Indeks Premium Coinbase, metrik yang melacak perbedaan harga Bitcoin antara Coinbase dan Binance, tetap berada di wilayah negatif sejauh ini pada Oktober. Coinbase, salah satu bursa kripto terkemuka di AS, adalah platform utama bagi investor institusional untuk berdagang aset kripto.

Baca lebih lanjut: Coinbase vs. Coinbase Pro: Mana yang Tepat untuk Anda?

Bitcoin Coinbase Premium Gap | Sumber: CryptoQuant

Indeks negatif menunjukkan bahwa harga Bitcoin di Coinbase lebih rendah dibandingkan di Binance, menunjukkan tekanan jual yang lebih kuat dari investor AS, terutama investor institusional.

“Indeks Premium Coinbase telah turun menjadi -US$41, menandakan tekanan jual yang kuat dari institusi AS.” ujar analis on-chain Maartunn komentar

Secara historis, periode pembacaan Indeks Premium Coinbase yang positif diikuti oleh kenaikan harga Bitcoin, sementara pembacaan negatif bertepatan dengan penurunan harga. Tren negatif yang berkelanjutan pada awal Oktober telah menimbulkan kekhawatiran akan koreksi Bitcoin yang akan datang.

ETF Bitcoin Mengalami Pengeluaran Dana pada Oktober

Data lain yang mendukung argumen bahwa investor AS sedang menjual adalah arus keluar bersih dari ETF Bitcoin spot berbasis di AS. Grafik di bawah ini menunjukkan bahwa arus masuk ke ETF Bitcoin telah menurun belakangan ini, dan aset mereka di bawah manajemen (AUM) melambat pertumbuhannya.

Total Bitcoin Spot ETF Net Inflow.
Total Bitcoin Spot ETF Net Inflow | Sumber: Coinglass

Pada Oktober saja, empat dari enam hari pertama mencatat arus keluar bersih, dengan lebih dari US$408 juta ditarik. Sebaliknya, hanya sekitar US$260 juta yang mengalir ke ETF sejak awal bulan. Baru-baru ini, dompet yang terkait dengan BlackRock juga mencatat penarikan yang signifikan.

Data URPD Mengungkapkan Bitcoin dalam Zona Harga Sensitif

Alat Distribusi Harga Realisasi UTXO (URPD), yang mengukur jumlah Bitcoin yang diperdagangkan on-chain pada berbagai tingkat harga, menyoroti zona harga sensitif untuk Bitcoin.

Baca lebih lanjut: Prediksi Harga Bitcoin (BTC) 2024/2025/2030

Bitcoin URPD (UTXO Realized Price Distribution)
Bitcoin URPD (UTXO Realized Price Distribution) | Sumber: Glassnode

Menurut data dari Glassnode, US$62.600 adalah level kunci di mana volume besar BTC telah diperdagangkan. Di bawah harga ini, dukungan melemah.

Jika Bitcoin gagal bertahan di sekitar US$62.600 dan turun di bawah US$60.000, harganya bisa turun menuju US$52.000. Namun, Bitcoin juga bisa segera melonjak melewati US$72.000 jika berhasil menembus level resistance di US$64.000.

“Ini menggambarkan pasar yang berada di atas tanah yang rapuh, dengan volume pasokan besar yang kemungkinan sensitif terhadap pergerakan pasar besar berikutnya.” papar Glassnode laporan

Penyangkalan

Seluruh informasi yang terkandung dalam situs kami dipublikasikan dengan niat baik dan bertujuan memberikan informasi umum semata. Tindakan apa pun yang dilakukan oleh para pembaca atas informasi dari situs kami merupakan tanggung jawab mereka pribadi.
Selain itu, sebagian artikel di situs ini merupakan hasil terjemahan AI dari versi asli BeInCrypto yang berbahasa Inggris.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *