4 Penyakit yang Sering Menyerang Ibu Rumah Tangga dan Cara Mencegahnya

banner 120x600
banner 468x60

loading…

banner 325x300

Ada beberapa penyakit yang sering menyerang ibu rumah tangga hingga mengganggu aktivitas. Ini karena tuntutan pekerjaan, mereka sering mengabaikan kesehatan. Foto/Istock Photo

JAKARTA – Ada beberapa penyakit yang sering menyerang ibu rumah tangga hingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Ini karena selain kesibukan dan tuntutan pekerjaan rumah tangga yang berat, mereka sering kali mengabaikan kesehatannya sendiri.

Akibatnya, para ibu rumah tangga rentan terhadap beberapa penyakit. Menjaga kesehatan sangat penting bagi ibu rumah tangga agar dapat menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik.

Dengan menerapkan gaya hidup sehat dan melakukan pencegahan, ibu rumah tangga dapat terhindar dari berbagai penyakit dan meningkatkan kualitas hidup mereka. Menggunakan peralatan ergonomis, dan menciptakan lingkungan rumah yang bersih dan bebas stres juga penting untuk mencegah penyakit.

Berikut adalah empat penyakit yang sering mencegah ibu rumah tangga dan cara mencegahnya menurut Dokter Spesialis Orthopedi, dr. Asa Ibrahim, Sp.OT dikutip dari akun Instagram pribadinya, @dr.asaibrahim, Kamis (20/4/2024).

4 Penyakit yang Sering Menyerang Ibu Rumah Tangga dan Cara Mencegahnya

1. Sakit Pinggang

Sakit pinggang sering dialami oleh ibu rumah tangga karena banyaknya aktivitas fisik seperti mengangkat barang berat, membersihkan rumah, dan posisi tubuh yang tidak tepat saat bekerja. Untuk mencegahnya hindari duduk terlalu lama, sempatkan berdiri lima menit tiap 40 menit duduk.

“Dan yang nomor satu ini yang paling banyak ibu-ibu yang sakit low back pain atau sakit boyok, nyeri punggung bawah. Ini kasusnya paling banyak. Untuk mencegahnya hindari duduk terlalu lama, sempatkan berdiri lima menit tiap 40 menit duduk,” kata dr. Asa Ibrahim.

“Posisi bekerja saat duduk harus ergonomis, sering stretching punggung, olahraga penguatan otot punggung, hindari mengangkat barang yang terlalu berat, hindari mengangkat barang dengan posisi yang salah, hindari bekerja dalam posisi membungkuk,” sambungnya.

2. Sakit Lutut

Sakit lutut pada ibu rumah tangga disebabkan oleh aktivitas fisik yang berulang, seperti mengangkat benda berat, menyapu. Kondisi ini juga bisa disebabkan karena osteoarthritis atau pengapuran sendi hingga menyebabkan kerusakan pada tulang rawan di lutut.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *