4 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan setelah Makan, Salah Satunya Minum Teh

banner 120x600
banner 468x60

loading…

banner 325x300

Ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan setelah makan. Salah satunya minum teh. Foto/ fusionteas

JAKARTA – Banyak orang mengalami masalah kesehatan setelah makan. Ini karena mereka tidak tahu bahwa ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan setelah makan.

Salah satunya tidur. Setelah makan, tidak sedikit yang merasa ngantuk dan tergoda untuk menggunakannya sebagai alasan untuk tidur siang.

Baca Juga: Deretan Tokoh Ternama yang Hidup dengan Satu Paru-paru, Salah Satunya Paus Fransiskus

Sebagian orang lainnya mungkin merokok setelah makan. Namun, dikutip yo1, semua kebiasaan ini lebih banyak menimbulkan bahaya daripada manfaatnya dan sebaiknya dihindari setelah makan besar.

Aktivitas yang Tidak Boleh Dilakukan setelah Makan

1. Tidur
Setelah makan besar, Anda biasanya merasa lesu. Namun, tidur siang setelah makan bukan ide yang baik. Kebiasaan ini diketahui dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan meningkatkan risiko obesitas dan penyakit jantung. Praktik terbaik adalah tidur setidaknya 2-3 jam setelah makan.

2. Mandi
Mandi setelah makan berat juga bukan pilihan. Ini bisa menimbulkan masalah kesehatan. Mandi dapat mengganggu proses pencernaan dan mengalihkan aliran darah dari saluran pencernaan ke bagian tubuh lainnya. Hal ini membuat tubuh sulit mencerna makanan yang Anda konsumsi. Yang dapat Anda lakukan adalah menunggu, setidaknya 30 menit setelah makan sebelum mandi.

3. Minum Teh
Jika Anda suka minum secangkir teh sebagai bagian dari makan atau setelahnya, Anda harus berhenti. Daun teh dikenal bersifat asam dan minum teh setelah makan dapat menghambat proses pencernaan. Asam dalam teh cenderung mengeraskan kandungan protein yang ada dalam makanan Anda, sehingga membuat tubuh lebih sulit mencernanya. Pakar kesehatan menyarankan untuk tidak minum teh satu jam sebelum dan sesudah makan.

4. Merokok
Merokok merugikan kesehatan jangka panjang. Orang yang terbiasa merokok setelah makan perlu tahu bahwa tembakau yang ada dalam rokok dapat menghalangi penyerapan vitamin dan mineral dari makanan yang dikonsumsi. Pilihan terbaik adalah berhenti merokok sama sekali. Namun jika hal ini sulit dilakukan, hindari merokok, setidaknya 20 menit setelah makan terakhir.

(tdy)

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *